Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 1 Sooko

Mochamad Sayudi (1)
(1) SMP Negeri 1 Sooko Mojokerto, Indonesia, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan kompetensi paedagogik guru-guru di SMP Negeri 1 Sooko dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing. Hal tersebut dikarenakan keberhasilan dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Salah satu langkah yang bisa digunakan adalah supervisi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan penilaian, penyusunan RPP dari rata-rata 68,4 pada prasiklus meningkat menjadi 71,3 pada siklus I. Berdasarkan tingkat ketuntasannya, terjadi peningkatan dari 40,9% pada prasiklus menjadi 61,3% pada siklus I. Hal tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan sehingga dilakukan penelitian siklus II. Kemudian, didapatkan nilai rata-rata kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksaan pembelajaran 74,00 dan berdasarkan ketuntasan mencapai 84%.

Kata kunci: supervisi akademik, RPP


ABSTRACT

The main objective of this research is to improve the pedagogical competence of teachers in SMP Negeri 1 Sooko, in preparing Learning Implementation Plan that is in accordance with their respective competency standards, because success in the teaching and learning process cannot be separated from the learning planning which is prepared by teacher before carrying out learning. One step that can be used is academic supervision. The results of this study indicate that academic supervision can improve teacher competency in developing learning implementation plans (RPP). Based on the assessment of the preparation of lesson plans from an average of 68.4 in the pre-cycle increased to 71.3 in the first cycle. Based on the completeness level of 40.9% in the pre-cycle increased to 61.3% in the first cycle. It does not meet the success criteria, so Cycle II research was carried out and the average teacher competency score in preparing the learning implementation plan was 74.00 and based on completeness reached 84%.

Keywords: academic supervision, learning implementation plan


Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Nawawi, Hadari. (1985). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Bebas Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah,(2019, Januari 15), from http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_15_18.pdf)

Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajatan: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudjana, Nana. (2012). Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta: Binamitra Publishing.

Suhardjono. (2008). Penelitian Tindakan Sekolah sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi bagi Pengawas Sekolah. Makalah Pendukung Sajian Lisan pada Workshop Penulisan Karya Ilmiah (KTI) untuk Keniakan Golongan bagi Pengawas, Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Depok. Depok, 28 Juli.

Suparno, P. (2008). Action Research: Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tim Dosen Administrasi UPI. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Penulis

Mochamad Sayudi
mochamad_sayudi@yahoo.com (Kontak utama)
Biografi Penulis

Mochamad Sayudi, SMP Negeri 1 Sooko Mojokerto, Indonesia

Kepala SMPN 1 Sooko Kab. Mojokerto dengan pangkat Pembina Tk. I Golongan IV/b
Sayudi, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 1 Sooko. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 110–119. https://doi.org/10.30651/st.v13i1.3773

Rincian Artikel