Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Kolaboratif

Khaerunnisa Khaerunnisa (1)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah melalui pendekatan kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun akademik 2019/2020. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan mahasiswa dalam membuat tulisan ilmiah, peneliti memberikan tes produk (membuat karya ilmiah) pada siklus pertama dan siklus kedua. Sebelum memberikan tes pada siklus kedua, peneliti menggunakan pendekatan kolaboratif kepada mahasiswa. Terdapat beberapa jenis kesalahan di antaranya dalam hal gramatikal dan leksikal. Pada siklus pertama, untuk aspek gramatikal sebesar 78,25% dan persentasi kesalahan siklus kedua menjadi 18,25% yang menunjukkan adanya peningkatan sekitar 60%. Sedangkan untuk aspek leksikal siklus pertama sebesar 77,5%, sedangkan pada siklus kedua berkurang menjadi 12,5%. Dengan demikian dalam hal menulis ilmiah menunjukan adanya peningkatan dalam poin leksikal sebesar 65%.  Hasil tes pada siklus kedua menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis ilmiah dengan menggunakan pendekatan kolaboratif. 

Kata kunci: karya ilmiah, pendekatan kolaboratif, keterampilan menulis


ABSTRACT

This research aims to improve scientific writing learning through collaborative learning approach. This research was conducted at Muhammadiyah University of Jakarta in the academic year 2019/2020. To find out the improvement of the students' scientific writing skill, the researchers implemented product tests (making scientific work) in the first cycle and the second cycle. Before giving the test in the second cycle, researchers used collaborative learning for students. There are several types in grammatical and lexical errors. In the first cycle, the grammatical aspect was 78.25% and the percentage of error in the second cycle was 18.25% which showed a percentage increase of around 60%. Whereas for the first cycle aspect, it was 77.5%, while in the second cycle it decreased to 12.5%. Thus in terms of scientific writing shows an increase in lexical points by 65%. The test results in the second cycle showed an increase in scientific writing skills using collaborative learning approach.

Keywords: scientific work, collaborative learning, writing skills

 

 

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bosley, D. S. (2002). An Essential Bibliography on Collaborative Writing. Bulletin of the Association for Business Communication.

Djaali, dkk., (2000). Pengukuran dalam Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana

Harris, M. (2012). Collaboration is Not Collaboration is Not Collaboration: Writing Center Tutorials vs. Peerresponse Groups. College Composition and Communication.

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dengan Media Aplikasi Pengolah Data. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.1(2), 267-277.

Louth, R., et.al. (2004). The effects of Collaborative Writing Techniques on Freshman Writing and Attitudes. The Journal of Experimental Education.

Lunsford, A. A., & Ede, L. (2001). Collaborative Authorship and the Teaching of Writing. Cardozo Arts & Ent. LJ

Miles.M dan Huberman A.M. (2015). Qualitative Data Analysis: a Source Book of New Methode. Thousand Oaks: Sage Publication

Storch, N. (2011). Collaborative Writing in L2 Contexts: Processes, Outcomes, and Future Directions. Annual Review of Applied Linguistics.

Taufik, I. (2016). Pengaruh Pelatihan Penulisan Terhadap Pengetahuan Menulis dan Kualitas Karya Ilmiah Keteknikan Siswa di SMK Penerbangan Yogyakarta. Lumbung Pustaka. Universitas Negeri Yogyakarta.

Penulis

Khaerunnisa Khaerunnisa
khaerunnisa@umj.ac.id (Kontak utama)
Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Kolaboratif. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 61–66. https://doi.org/10.30651/st.v13i1.3762

Rincian Artikel