Kesantunan Berbahasa Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya

Bima Saksono Putra (1)
(1) SMA Kusumanagara, Indonesia

Abstrak

Kesantunan Berbahasa siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya terlihat ketika siswa bertutur sesuai dengan maksim kesantunan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan data tuturan antara siswa dengan guru di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan cara simak bebas lihat catat dan rekam suara. Teknik analisis data dengan menyusun data secara sistematis data yang diperoleh dari pengamatan dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa wujud kesantunan berbahasa siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya terlihat ketika siswa bertutur sesuai dengan  maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan dan maksim kesimpatian.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Djadjasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Eresco.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik (terjemahan M.D.D. Oka). Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satori Djam'an dan Komariah Aan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta: bandung.

Penulis

Bima Saksono Putra
Putrasely66@gmail.com (Kontak utama)
Putra, B. S. (2019). Kesantunan Berbahasa Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1), 17–29. https://doi.org/10.30651/st.v12i1.2439

Rincian Artikel

No Related Submission Found