Diksi dan Gaya Bahasa pada Status Tere Liye di Facebook

Nasyiatul Lailah (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Fokus penelitian ini adalah penggunaan diksi dan gaya bahasa yang terdapat pada status Tere Liye di facebook. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan diksi dan gaya bahasa yang terdapat pada satus Tere Liye di facebook. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah status-status Tere Liye yang diunggah di facebook. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa diksi yang terdapat dalam status-status Tere Liye telah memenuhi syarat-syarat ketepatan diksi, meliputi: (1) ketepatan dalam pemilihan kata denotasi dan konotasi, (2) ketepatan dalam pemilihan kata umum dan ketepatan pemilihan kata khusus untuk tujuan tulisan dapat lebih terarah dalam penyampaiannya kepada pembaca, (3) membedakan kata yang hampir bersinonim. Gaya bahasa yang digunakan oleh Tere Liye pada statusnya di facebook beragam. Dari beberapa gaya bahasa yang digunakan, gaya bahasa yang paling dominan digunakan adalah gaya bahasa anafora.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatin, I. (2016). Eufemia Hotel Prodeo pada Berita Ketika Angie Cek Gigi dan Nyalon di Hotel Prodeo. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.30651/st.v8i2.84

Fatin, I. (2016). Optimalisasi Literasi Membaca pada Mahasiswa Nonbahasa dengan Metode Pagitukul (pasangan-berbagi-waktu-pukul). Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1).

Fitri, D. N., & Kartika, P. C. (2016). Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV pada Januari 2015. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Gunawan, I., Gayatri, Y., Yarno, D., Ainy, C., & Ratnadewi, D. (2015). PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1-35.

Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., & Mubarok, I. W. (2014). PEMBENTUKAN KARAKTER PERSONAL MAHASISWA PBSI FKIP UMSURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 14(1).

Ishaq, M., Affandy, A. N., & Mubarok, I. W. (2016). Budaya Lokal dalam Novel Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ngatma'in, N. I. (2015). konflik politik dalam langit merah jakarta karya anggie d. widowati. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-16.

Rachmawati, D. K. (2016). Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2).

Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahardi, R. Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujinah, S., Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., Mubarok, I. W., & Ngatma'in, N. I. (2014). Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Didaktis Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-16.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: CV Angkasa.

Wasrie, Moh. Kusnadi. 2012. Intisari Lengkap Bahasa Indonesia untuk SD, SMP, SMA, dan Umum. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Yususf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenamedia Group.

Penulis

Nasyiatul Lailah
nasyiatul.lailah94@gmail.com (Kontak utama)
Lailah, N. (2018). Diksi dan Gaya Bahasa pada Status Tere Liye di Facebook. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2). https://doi.org/10.30651/st.v10i2.1349

Rincian Artikel