Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye

Iin Afriyani, R. Panji hermoyo

Sari

Penelitian ini mengambil data dari novel karya Tere Liye yang berjudul Tentang Kamu. Kepribadian seseorang menjadi kajian utama dalam penelitian ini. Perjalanan kehidupan Sri menjadi alasan penulis ingin mengetahui lebih dalam kepribadian tokoh Sri. Fokus penelitian ini adalah (1) Tipe kepribadian menurut teori Gerard Heymans pada tokoh utama dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye, dan (2) Faktor-faktor yang memengaruhi kepribadian tokoh utama dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Penelitian ini dikaji melalui gambaran watak dan perilaku tokoh utama menggunakan teori kepribadian Gerard Heymans.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Penelitian ini menguraikan data-data tentang tokoh utama yang ada dalam novel Tentang Kamu. Penulis dapat menangkap dan mengetahui kepribadian tokoh utama dari watak dan perilakunya. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tipe kepribadian yang ada pada tokoh utama yang mendominasi adalah tipe kepribadian Flegmiticity yaitu orang ini memiliki perilaku tenang, sabar, pekerja keras, tidak mudah putus asa, pemberani, mandiri, berprasangka baik, cerdas. Tokoh yang bertipe ini memiliki pandangan yang luas, rajin, dan cekatan serta mampu mandiri. Faktor yang memengaruhi  kepribadian tokoh utama dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye adalah faktor genetik (faktor bawaan) dan faktor keluarga.

 

Kata Kunci

Kepribadian Gerard Heymans, novel Tere Liye, psikologi sastra

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arifianie, ani. 2014. Analisis Konflik Psikis Tokoh Utama Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Asmarani Karya Suparto Broto (Kajian Psikologi Sastra). Tesis dipublikasikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Marini, Eka. 2010. Analisis Stilistika Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Tesis dipublikasikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wellek, Rine. 1990. Teori Kesusastraan. Bandung: Gramedia Pustaka Utama.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/st.v10i1.1339
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30651/st.v10i1.1339.g1088

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.