Wisata Literasi Siswa (WLS) SDN Sukorambi 01 Jember untuk Meningkatkan Kepedulian dan Percaya Diri

Sudarwati Sudarwati (1)
(1) SDN Sukorambi 01 Kabupaten Jember, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Student Literacy Tour in SDN Sukorambi 01 Jember for Improving Awarness and Confidence


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kepercayaan diri siswa SDN Sukorambi 01 Jember dalam menulis pantun melalui Program Wisata Literasi Siswa (WLS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan berdasarkan analisis masalah dari ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) di SDN Sukorambi 01 Jember. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis, S. & Mc. Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan/monitoring dan 4) refleksi. Dari hasil penelitian, ditunjukkan bahwa program WLS dapat meningkatkan kepedulian dan kepercayaan diri siswa melalui menulis pantun. WLS dilakukan dengan mengajak siswa mengunjungi lingkungan sekitar untuk mengapresiasi lingkungan yang dijadikan objek. Peningkatan hasil program WLS ditunjukkan pada kenaikan skor ketercapaian program WLS pada siklus I dari rata-rata skor 70 naik menjadi rata-rata skor 90 pada siklus II.

 

Kata kunci: Wisata Literasi Siswa, Pantun, Tingkat Kepedulian Siswa, Tingkat Kepercayaan Diri Siswa, Penelitian Tindakan Sekolah

 

ABSTRACT

This study aims to increase the awareness and confidence of SDN Sukorambi 01 Jember students in writing poems through Wisata Literasi Siswa (WLS) Programs. This research is a school action research which was conducted based on problems analysis of the graduate competence standard achievement in SDN Sukorambi 01 Jember. This study uses an action research model developed by Kemmis, S. & Mc. Taggart consists of four stages, namely 1) planning, 2) implementation, 3) monitoring, and 4) reflection. Based on the research results, it is revealed that the WLS program can increase students' awareness and confidence through writing poems. WLS is held by inviting students to visit the surrounding environment to appreciate the environment which is used as an object. The increase in the WLS program results is shown in the increase in the WLS program achievement score. In the first cycle, it achieved from an average score of 70 increase to an average score of 90 in the second cycle.

 

Keyword: Student Literacy Tour, Pantun, Student Awareness, Student Confidence, School Action Research

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aziz, A. (2018). Rancangan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Perpustakaan Di Mim Gandatapa Banyumas. Jurnal Publis, 2(1), 43. https://doi.org/10.24269/pls.v2i1.981

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar (Vol. 53, Issue 9). Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayati, I. W., & Usman, N. (2020). Peningkatan Minat Baca Masyarakat Melalui Wisata Leterasi. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 8(1), 59–64. https://doi.org/10.18196/bdr.8177

Ibda, H. (2017). Sing penting nulis terus: Panduan praktis menulis artikel dan esai di koran. Forum Muda Cendekia.

Kemmis, S., & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Kholiq, A. (2020). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Lamongan. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 175–186. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3216

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2020). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa Sma Kabupaten Lamongan. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 17–32. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.3535

Komariah, A. (2009). Melaksanakan Supervisi Akademis melalui Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(2).

Marliana, N. L., & Suhita, S. (2018). Pengembangan Program Gerakan Literasi Sekolah Bagi Para Siswa Sdn Cinyosog 01 Cileungsi. Jurnal Tuturan, 6(1), 762. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1586

OECD. (2019). PISA 2018 Results Vol III: What School Life Means for Students’ Lives. In 2019: Vol. III. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/acd78851-en

Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di SMA Negeri 4 Magelang. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 6(2), 167–179. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/19560

Setyadien, B. B. (2005). Manajemen Waktu. Dalam Tim Pakar Manajemen Pendidikan FIP UM. In Manajemen Pendidikan: Analisis Subtantif dan Aflikasinya dalam Institusi Pendidikan. Penerbit UM.

Wahyudi, M. H., & Mutiari, D. (2021). Model Taman Baca Sebagai Wisata Literasi Di Era Pandemi Covid 19. Sinekta: Jurnal Arsitektur, 18(1), 1–7.

Wayan, A. (2010). Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dan Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Kepala Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran Serta Bahan Belajar Mandiri Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah. Az-Zahra Books 8.

Windayana, H. (2012). Penelitian Tindakan Sekolah. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1), 311. https://doi.org/10.1177/001872677602900302

Penulis

Sudarwati Sudarwati
dentadeni89@gmail.com (Kontak utama)
Sudarwati, S. (2022). Wisata Literasi Siswa (WLS) SDN Sukorambi 01 Jember untuk Meningkatkan Kepedulian dan Percaya Diri. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 311–322. https://doi.org/10.30651/st.v15i2.12825

Rincian Artikel

No Related Submission Found