ANALISIS PENGEREMAN PLUGGING DAN DINAMIS PADA MOTOR 12 V DC MENGGUNAKAN RESISTOR SNUBBER

Anastas Rizaly, Irfan Isdhianto, Gagan Priambodho

Sari


Abstrak

Kompleksitas fungsi pusat perbelanjaan terus meningkat disebabkan pola kegiatan masyarakat di kota Motor adalah mesin listrik yang merubahenergi listrik menjadi energy gerak dan merupakan penggerak utama pada beberapa mesin pabrik atau perangkat industry otomatis. salah satu kesulitan dalam mengontrol motor DC adalah saat memberhentikan putaran motor sehingga didapat waktu pemberhentian yang singkat dan tidak merusak struktur motor DC Karena jika motor sudah dilepas dari sumber tegangan maka motor tidak akan langsung berhenti dan akan menghasilkan arus balik yang meskipun sedikit akan merusak komponen kontrol yang ada pada perangkat elektronik lain.

Peneliti akan melakukan Analisa perhitungan waktu yang diperlukan motor DC untuk berhenti saat menggunakan metode pengeraman plugging dan metode snubber untuk menghilangkan arus balik dari motor sesaat sebelum motor benar – benar berhenti.

Pengereman otomatis mesin DC perlu dilakukan mengingat kerugian yang sangat besar karena kelebihan beban motor. Penggunaan relay dalam rangkaian pengereman motor juga diperlukan agar pengereman motor dapat dilakukan secara otomatis dan memiliki keunggulan seperti presisi, cepat, dan hemat biaya. Karena kelebihan tersebut maka diperlukan rangkaian pengendali pengereman motor secara otomatis menggunakan relay.

Kata kunci : motor DC, pengereman, plugging, snubber


Referensi


Abdul Kadir, 1981. “Mesin Tak Serempak” Jakarta, Djambatan

Ahmad khumaedi, et. All, 2014. “Otomatisasi Pengereman Motor DC Secara Elektris Sebagai Referensi Sistem Keamanan Mobil Listrik”. Student Paper, Universitas Negeri Surabaya.

Ahmad mukhrodi, 2020. “Pengereman Dinamik Dengan Zero Speed Switch Sebagai Pengendali Motor Induksi 3 Fasa”.Student Paper, Politeknik Negeri Bandung.

Aris, et. All, 2019. “Realisasi Teknik Pengereman Dinamik (Dynamic Braking) Untuk Motor Induksi Tiga Fase Menggunakan Arduino Uno”.Student Paper, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.

Asyadsi larahmana, 2018. “Perancangan Mekanika Dan Pengereman Plugging Motor Arus Searah Pada Prototype Overhead Crane Berbasis PLC”, (Skripsi). Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Bolo Dwiartono dan Delon, 2000, Pengemba-ngan system Pengendalian Kecepatan Motor DC Sebagai Fasilitas Praktik Laboratorium Elektronika Daya, Yogyakarta, Proseding, Seminar Mesin Listrik dan Elektronika Daya.

Burhanudin, 2020. “Pengereman Elektrik Dengan Membalikkan Arah Putar Menggunakan Zero Speed Switch Sebagai Pengendali”. Student Paper, Universitas Negeri Surabaya.

Joko Windarto, Agung Warsito, Agus Setiawan, 2002. ‘Variabel Frequensi Control dengan Phase Locked Loop sebgai Pengatur Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa” Seminar Mesin Listrik dan Elektronika Daya, Yogyakarta.

Karmoto dan Mochammad Facta, 2000. “Unjuk Kerja Motor Induksi dengan Pengereman Dinamik dalam Koordinat QDN. Seminar Nasional, Yogyakarta.

Lister, Eugene C. 1988. Mesin dan Rangkaian Listrik EdisiKeenam. Jakarta: Erlangga.

Marta, et. All, 2018. “Analisa PengeremanDinamik Pada Motor Brushless DC (BLDC)”. Student Paper, Universitas Sumatera Utara.

Muhaimin, et. All, 2018. “Perancangan Pengereman Dinamik pada Motor Induksi 3 Fasa dengan Menggunakan Programmable Logic Controller (PLC)”. Student Paper, Politeknik Negeri Lokseumawe.

Noviardi, et. All, 2015. “Pengereman Motor Arus Searah (DC) Berbasis Mikro kontroller Atmega 8535”. Student Paper, Universitas Riau.

Rey,et. all, 2016. “perbandingan pengaruh tahanan pengereman dan posisi sikat terhadap metode pengereman dinamik dan plugging pada motor arus searah penguatan shunt”. Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

SEN, S.K., 1975. “Rotating Electrical Machines”. Delhi, Khana Publishers

Siahaan, Ramcheys. 2012. Studi Pengaruh Posisi Sikat Terhadap Efisiensi Motor DC Shunt, (Skripsi), Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara

Sitinjak, R.E. 2008. Perbandingan Pengereman Motor DC Penguatan Seri Dengan Metode Dinamis dan Plugging, (Skripsi). Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Soelaiman dan Mabuchi Magariswa, 1984. “Mesin Tak Serempak dalam Praktek”. Jakarta, P.T. Pradnya Paramita

Sumanto, 1995 Mesin Arus Searah. Offset,Yogyakarta,

Sutarno, 2010 Jurnal Teknik Elektro Vol 2 No.1 Pengereman Dinamik Motor Induksi dengan Injeksi Arus Searah (DC).Yogyakarta.

Tambun saribu, Samson M. 2014. Pengaruh Posisi Sikat Terhadap Waktu Pengereman pada Motor Arus Searah Penguatan Shuhnt, (Skripsi). Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Wijaya, Mochtar, “Dasar-dasar Mesin Listrik”, Penerbit Djambatan, 2001.

Zuhal, 2000. Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.