Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Tipe Artikel:  Menjelaskan hasil penelitian asli berasal dari penelitian dalam bidang pengembangan keilmuan, Konversi Energi, Perancangan, Mekanikal dan Otomasi, Teknik Manufaktur, Manufaktur serta semua bidang dan teknologi.

Tinjauan Artikel: Menganalisis secara kritis state-of-the-art di semua bidang teknik dan teknologi dengan analisis teoritis yang lebih luas.

Situs resmi journal Resem: http://journal.resem.um-surabaya.ac.id

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Peer Review Process: Persyaratan didasarkan pada konten teknis, format dan kejelasan. Di Journal ReSEM ini penulis untuk memastikan bahwa makalah yang dikirimkan menggunakan template. Ada tiga (3) proses penilian, yaitu: a) evaluasi awal (review), b) peer review dan c) rekomendasi.

Initial Evaluation: Bagian Editor meninjau naskah melalui pengiriman untuk memutuskan apakah subjek dan isinya cocok untuk di pertimbangkan sebelum ditinjau. makalah akan dikembalikan kepada penulis yang tidak memenuhi kriteria minimum. ini adalah hal yang baik untuk penulis berusaha memperbaiki masalah atau mengirim naskah ke tempat yang lebih cocok, mencegah penundaan yang timbul dari proses peninjauan yang panjang yang berpotensi menyebabkan penolakan.

Peer Review: Semua naskah akan melewati Bagian Editor terlebih dahulu untuk di uji berdasarkan pengalaman mereka sebelum diserahkan ke Tim Penilai. Setidaknya ada dua penilai akan mempelajari setiap makalah. Tim penilai diminta untuk naskah berdasarkan orisinalitas, kebaikan metodelogis, desain penelitian dan relevansi. Tim Penilai diminta untuk menyelesaikan laporan dan memberikan umpan balik setiap individu dalam waktu dua minggu untuk memberikan dorongan supaya bisa publikasi tepat waktu.

Acceptance Decision: Bagian editor memberikan penilaian akhir tentang penerimaan naskah berdasarkan masukkan penilai. Laporan status peninjau akan memberitahukan peninjau masing-masing makalah, keputusan akhir masing-masing adalah "Terima Kiriman", "Revisi Diperlukan", atau "Pengajuan Menolak".

Plagiarsm: Penulis harus memeriksa naskah yang dikirimkan untuk memastikan bahwa ia telah memenuhi persyaratan standar publikasi untuk Jounal ReSEM, yaitu indeks kesamaan harus kurang dari 20% dibandingkan dengan sumber lain, dan kesamaan tidak boleh melebihi 5% dari setiap referensi.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

ReSEM (Rekayasa Sistem Energi dan Manufaktur)

Jurnal Ilmiah Teknik Mesin "Jurnal ReSEM" Volume 1 No 1. September 2019 memuat 7 makalah yang berasal dari hasil penelitian dalam bidang keilmuan, Konversi Energi, Perancangan, Mekanikal dan Otomasi, Teknik Manufaktur dan Material. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin "Journal ReSEM" diterbitkan dalam 2 versi secara hard-copy dan online yang dapat diakses di web http://journal.resem.um-surabaya.ac.id