Media Pembelajaran Puisi Berbasis Powtoon Di Era Society 5.0

Penulis

  • Inggit Dwi Perwita Universitas Ahmad Dahlan
  • Ariesty Fujiastuti Universitas Ahmad Dahlan

Abstrak

Abstrak: Era Society 5.0 diartikan sebagai konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi yang diluncurkan terutama di bidang pendidikan. Covid-19 mengganggu proses pembelajaran tatap muka, solusinya ialah pembelajaran daring akan tetapi, masih terdapat permasalahan terutama minat peserta didik pada materi puisi di SMA Kelas X. Maka dari itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik seperti media berbasis Powtoon. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran puisi berbasis Powtoon sebagai alternatif pembelajaran di Era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) model pengembangan ADDIE. Teknik dan instumen yang digunakan berupa observasi, wawancara dan angket. Subjek coba dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli pengajaran dan siswa kelas X SMA N 3 Bantul. Teknik analisis data yang digunakan ialah kuantitatif-deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian oleh para ahli dapat dikatakan bahwa produk media pembelajaran “Sangat Layakâ€. Adapun nilai rata-rata yakni 91,2. Skor rata-rata yang diperoleh dari ahli media sebesar 83,4, dari ahli materi 95,2, dari ahli pengajaran sebesar 95. Media pembelajaran ini dapat menggunakan smartphone dan laptop dalam bentuk soft copy sehingga efektif dan dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran di Era Society 5.0.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, Puisi

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Suherli, Suryaman, M., Septiaji,A., & Istiqomah. 2017. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2017 Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan : pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Widoyoko, Eko Putro. 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahlah, Syafiqo dan Melianah. 2020. Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 Era Soiety 5.0. Jurnal: Universitas PGRI Palembang, 806.

Pulungan, Marwan, Syadza Izdihar dan Umar Effendy. 2017. Pengaruh Media Powtoon Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD. Jurnal. Universitas Sriwijaya, 3.

Prasetyo, Zuhdan K. 2020. Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik Dalam Era Super Smart Society 5.0. Jurnal : Universitas Negeri Yogyakarta, 5.

Qurrotaini, Lativa, Tri Widya Sari, Venni Herli Sundi, & Laily Nurmalia. 2020. Efektifitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2.

Aryanti, R.I. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Pada Materi Pembelajaran Teks Narasi di Kelas VII SMP. Yogyakarta: UAD.

Dewi, R., Widodo, M., & Prasetya, R. A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA. In Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Lampung: Unila.

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-24