Analisis Deskriptif Pola Literasi Di Madrasah Ibtidaiyah Hamzanwadi Pancor

Pancor Atiaturrahmaniah, Musabihatul Kudsiah, Dina Fadilah

Sari

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola yang digunakan dalam melaksanakan gerakan literasi dan dampak pelaksanaannya di Madrasah Ibtidaiyah Hamzanwadi Pancor.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi yang dikembangkan yakni literasi baca tulis. Literasi baca tulis dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu tahap pembiasaan 15 menit, pembelajaran dan pengembangan. Pelaksanaan literasi di Madrasah Ibtidaiyah Hamzanwadi sudah menunjukkan hasil yang baik karena dapat meningkatkan prestasi belajar dan dapat meningkatkan minat baca bagi siswa. Hambatan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah:1). Kurangnya buku non pelajaran yang di sediakan sekolah, 2). Sekolah belum memiliki kepala perpustakaan sehingga program perpustakaan kurang sistematis dan terstruktur, 3).Masih kurang program sekolah yang dalam lomba yang terkait literasi. Adapun solusi yang di tawarkan adalah: 1).Kepala sekolah bisa melakukan kerjasama dengan perpustakaan daerah dalam pemenuhan buku non pelajaran, 2). Mengangkat tenaga perpustakawan supaya program perpustakaan berjalan dengan terstruktur dan sistematis, 3). Mengadakan program-program seperti, books lover, bulan bahasa, dan world book day untuk menambah pengalaman pembelajaran dan pembiasaan melalui gerakan literasi.

 

Kata Kunci: Analisis Deskriptif, Pola, Literasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Nurul, Z. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Cet. III; Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suwendra, I. W. 2018. Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Books.google.com

Indriani, F., & Atiaturrahmaniah, A. 2019. Evaluation of the implementation of integrative thematic learning: A qualitative research approach phenomenology. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2).

Muhammad, E. B., Sholichah, A. S., & Aziz, J. A. 2019. Pengaruh Budaya Membaca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat Tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 332–343.

Sari, I. F. R. 2018. Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100.

Teguh, M. 2020. Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. 2019. Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. 2019. Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31.

Khoirunnisak, I. 2020. Penanaman Minat Baca Dan Disiplin Siswa SDIT Assalam Bandungan Melalui Gerakan Literasi Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020. e-repository.perpus.iainsalatiga.ac …

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.