Analisis Peningkatan Minat Belajar Kimia Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur Menggunakan Aplikasi Periodic Table Quiz

Anugrah Purba, Sumi yati, Nova Irawati Simatupang, Sidney Natasha

Sari

Abstrak :

Rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran kimia berdampak pada nilai dan kemampuan mereka dalam menguasai mata pelajaran kimia. Hal tersebut didasarkan dari kurangnya daya tarik siswa terhadap model pembelajaran yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana efektifitas penggunaan aplikasi Periodic Table Quiz (PTQ) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Dimana materi sistem periodik unsur merupakan materi dasar pada mata pelajara kimia, sehingga sejak awal daya tarik siswa terhadap mata pelajaran kimia dapat ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni dengan desain penelitian randomized control group pretest – posttest design. Sampel dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peneltian ini menunjukkan adanya daya tarik siswa terhadap penggunaan aplikasi PTQ pada proses pembelajaran sebagai media pembelajaran yang digunakan pada materi sistem periodik unsur. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan hasil positif bahwa siswa memiliki minat belajar yang tinggi setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan aplikasi PTQ pada pembelajaran materi sistem periodik unsur. Berdasarkan data observasi peneliti saat dilapangan menunjukkan adanya harapan siswa terhadap model pembelajaran menggunakan aplikasi permainan untuk menambah minat mereka dalam belajar materi kimia.

 

Kata Kunci : Periodic Table Quiz, Peningkatan, Minat Belajar, Daya Tarik, Materi Kimia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung (Indonesia) : PT Remaja Rodakarya

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung (Indonesia): CV Alfabeta

Fadillah, A. 2016. Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,Vol 1. No 2:113-122.

Safari, 2012. Indikator Minat Belajar. Jakarta (Indonesia) : PT Raja Grafindo Persada.

Manalu, H. C., Wartika, S., Hutabarat, W., & Silaban, S. (2019, January). Implementasi media pembelajaran chemsdomino dalam meningkatkan hasil belajar kimia (pokok bahasan sistem periodik unsur). In Talenta Conference Series: Science and Technology (ST). Vol. 2, No. 1, pp. 181-186.

Rahman, S., Ischak, N. I., & Sihaloho, M. 2016. Identifikasi kesulitan siswa dalam memahami konsep hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik unsur. Jambura Journal of Educational Chemistry, Vol 11. No 2 : 185-189.

Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. 2016. Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol 7. No 1 : 24-30.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2. No 3 : 232-243.

Farhan, A. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Model pembelajaran jarak jauh (PJJ). [Skripsi]. [Jakarta (Indonesia)]. Universitas Negeri Jakarta.

Mezia, A. 2016. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah [Doctoral dissertation]. [Pontianak (Indonesia)]: Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Wahyuni, F. 2019. Pengaruh Metode Cooperative Learning terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII di SMPN 01 Tapung Hilir Kabupaten Kampar. [Dissertation]. [Riau (Indonesia)]. Universitas Islam Riau.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.