PENGEMBANGAN SOFTWARE COMPUTER BASED TEST UNTUK MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Penulis

  • Deni Adi Putra Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui validitas Software Computer Based Test, efektifitas Software Computer Based Test dan kepraktisan Software Computer Based Test yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah RnD (Research and Development). Penelitian dalam pengembangan ini mengacu pada model Borg & Gall yang telah disederhanakan menurut Gall dkk, dimana prosesnya menjadi enam langkah yakni: 1) mengkaji pustaka yang relevan tentang produk yang akan dibuat, 2) merencanakan tujuan masingmasing bab atau bagian, 3) mengembangkan draf awal, 4) melakukan uji coba terhadap draf awal pada subjek dengan jumlah terbatas, 5) melakukan revisi terhadap draf awal berdasarkan hasil uji coba, dan 6) menguji kembali draf yang telah direvisi berdasarkan hasil uji coba pertama pada subjek dengan jumlah yang lebih besar. Hasil dalam penelitian ini yaitu 1) validitas produk mencapai 87,75% dari ahli materi dan 85,5% dari ahli desain, 2) efektifitas produk diperoleh dari jumlah mahasiswa yang tuntas sebanyak 22 orang dan secara klasikal 84,6%, dan 3) kepraktisan produk diperoleh dari keterlaksanaan pembelajaran menggunakan CBT yang mencapai 4,1 dan hal tersebut tersebut masuk dalam kategori tinggi. Saran dari penelitian ini yaitu agar produk dapat dikembangkan pada mata kuliah yang lainnya.


Kata Kunci: Software Computer Based Test, Penelitian dan Pengembangan

Referensi

Akbar, S. dan Sriwiyana, H. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Borg, W. R., & Gall, M. D. 1983. Education Research An Introduction (Fourth ed.). New York: Longman Inc.

Siswoyo, A.A. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Realistic Matematc Education (RME). Tesis Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana Prodi Dikdas.

Sutopo, H. (2009). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Flash, PHP, dan MySQL. Jurnal Informatika. 10(2), 79-85.

Tim Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemdikbud.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Lembaran Negara RI.

Undang-Undang Pendidikan No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Lembaran Negara RI.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12