EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI CURIOSITY, KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI, DAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK

Penulis

  • Windha Setyaningrum Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Asri Laksmi Riani Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Dewi Kusuma Wardani Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektifitas model pembelajaran problem based learning (PBL) ditinjau dari curiosty, 2) Efektifitas model pembelajaran problem based learning (PBL) ditinjau dari kemampuan berfikir tingkat tinggi, 3) Efektifitas model pembelajaran problem based learning (PBL) ditinjau dari kompetensi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling karena semua anggota populasi sampel mempunyai peluang yang sama dan independent. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat efektifitas model pembelajaran problem based learning (PBL) ditinjau dari curiosty, 2) Terdapat efektifitas model pembelajaran problem based learning (PBL) ditinjau dari kemampuan berfikir tingkat tinggi, 3) Terdapat efektifitas model pembelajaran problem based learning (PBL) ditinjau dari kompetensi peserta didik, artinya masing-masing variabel saling berpengaruh secara signifikan, maka disarankan kepada para guru untuk menggunakan problem based learning (PBL) dalam pembelajaran akuntansi.


Kata Kunci: Curiosity, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi, Kompetensi Peserta Didik, Problem Based Learning, Efektivitas

Referensi

Brookhart, S. M. 2010. How to asses higher-order thingking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.

Huriah, T. 2018. Metode Student center learning Jakarta: Prenada media Group.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriawati, S.E. 2013. Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berfikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23 (1): 33-47.

Mairani, E., dan Simatupang, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Tanjung balai T.P 2016/2017. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 6.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmah, L., A., Soedjoko, E., dan Suneki. (2019). Model Pembelajaran PBL Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa kelas X SMAN 7 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 807812.

Reio, T. G., Petrosko., J. M., Wiswell, A.K., & Thongsukmag, J. (2006). The measure and conceptualizion of curiosity. The Journal of Genetic Psychology. 167 (2), 117135.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Penerbit Prestasi Pustaka.

Winterton, J. (2009). Competence across Europe: Highest Common Factor or Lowest commondenominator?. Journal of European Industrial Training, 33, 681–700.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12