ANDRAGOGI: PARADIGMA PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA ERA LITERASI DIGITAL

Penulis

  • Wahono Wahono PGPAUD FKIP UM-Surabaya
  • Niswatul Imsiyah PLS FIP Univeritas Jember
  • Aris Setiawan PGPAUD FKIP UM-Surabaya

Abstrak

Abstrak: Bagi orang dewasa, terciptanya suasana belajar yang kondusif merupakan suatu fasilitas yang mendorong mereka mau mencoba perilaku baru, berani tampil beda, dapat berlaku dengan sikap baru dan mau mencoba pengetahuan baru yang mereka peroleh. Walaupun sesuatu yang baru mengandung resiko terjadinya kesalahan, namun kesalahan, dan kekeliruan itu sendiri merupakan bagian yang wajar dari belajar.Pada akhirnya, orang dewasa ingin tahu apa arti dirinya dalam kelompok belajar itu. Bagi orang dewasa ada kecenderungan ingin mengetahui kekuatan dan kelemahan dirinya. Dengan demikian, diperlukan adanya evaluasi bersama oleh seluruh anggota kelompok dirasakan berharga untuk bahan renungan, di mana renungan itu dapat mengevaluasi dirinya dari orang lain yang persepsinya bisa saja memiliki perbedaan.Informasi dan komunikasi sebagai bagian dari teknologi juga sedang berkembang sangat pesat, mempengaruhi berbagai kehidupan dan memberikan perubahan terhadap cara hidup dan aktivitas orang dewasa sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Pendidikan mengalami perkembangan yang sangat pesat, diantaranya dengan adanya pembelajaran digital (digital learning).Digital literasi lebih cenderung pada hal hal yang terkait dengan keterampilan teknis dan berfokus pada aspek kognitif dan sosial emosional dalam dunia dan lingkungan digital.


Kata Kunci: Pembelajaran Orang Dewasa, Digital Literasi

Referensi

Anisah B,dkk ; Teori Belajar Orang Dewasa; Penerbit PT.Rosdakarya, Bandung Indonesia. Cetakan pertama, Mei 2011.

Aiken, L. C., Cervero, R. M., andJohnson-Bailey, J. "Black Women in Nursing Education Completion Programs: Issues Affectinlg Participation." Adult Education Quarterly, 2001, 51(4), 306-321.

Baxter Magolda, M. Knowing and Reasoning in College: Gender-Related Pattemns in Studenits' Intellectual Developnient. San Francisco: Jossev-Bass. 1992.

Belenky, M., C:linchy, B., Goldberger, N., and I arule. J. Women's Wavs of Knowing. I he Development of Sell, Voice and Mind. New York: Basic Books, 1986.

Knowles, M. S. Self-Directed Learning: A Guide Jor l.earners and Teachers. Chicago: Follett, 1975.

Knowles, M. S. Ihe Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. (2nd ed.) Chicago: Follett, 1980.

Knowles, M. S., and Assoc. Andragogy in Action: Applying Modern Principles of Adult Learning. San Francisco: Jossey-Bass, 1984.

Merriam, S. B. "Andragogy and Self-Directed l.earning: Pillars of Adult L.eamning Theory." In S. Merriam (ed.), The New UJpdate on Adult ILearning Theory. New Directions for Adult and Continuing Education, no. 89. San Francisco: JosseyBass, 2001, pp. 3-13.

Mezirow, J. M. "Learniing to Thiink like an Adult: Core Concepts of Transforination Theory. " In J. M. Mezirow and Assoc. (eds.), Learning as Transformation: Critical Petrspectives on a Theory in Progress. San Francisco: Jossey-Bass, 2000, pp. 3-33.

Mezirow, J. Education for Perspective Transformation: Women’s Reentry Programs in Community Colleges. New York: Center for Adult Education, Teachers College, Columbia University, 1975.

Mezirow,J. TransformativeDimensionsofAdultLearning. SanFrancisco:Jossey-Bass,1991.

Mezirow, J. “Transformative Learning: Theory to Practice.†In P. Cranton (ed.), Transformative Learning in Action: Insights from Practice. New Directions in Adult and Continuing Education, no. 74. San Francisco: Jossey-Bass, 1997.

J.Rogers; Adults Learning, This ï¬fth edition published 2007; and Two Penn Plaza, New York, NY 10121–2289, USA.2017.

Perry, W. .GForns oJ Intellectual and Ethical Development in the College Years: A Scheime. San Francisco: Jossey-Bass, 1998.

Pratt, D.D. "Andragogy as a Relational Construct." Adult Education Quarterly. 1988, 38(3), 1.60-181.

Pratt, D. D. "Andragogy After Yweiity-F;ive Years." In S. B. Merriam (ed.), Update on Adult Learning Theory. New Directions for Adult and C(ontinuing Education, no. 57. San Francisco: Jossey-Bass, 1993, pp. 15 -23.

Taylor. K. "Teaching with Developmental Intention.' In J. Mezirow and Associates (eds.), Learning as Transformation: Critical Perspectives on a Theory in Progress. San Francisco: Jossev-Bass, 2000, pp. 151-:180.

Tough, A. The Adult's Learning Projects: A Fresh Approach to Theory and Practices in Adult Ioearning. Toronto: Ontario Institute for Studies in Education, 1971.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12