IMPLEMENTASI PENDIDIKAN EKONOMI PADA WANITA PEKERJA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KOTA MALANG

Penulis

  • Tin Agustina Karnawati Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Abstrak

Abstrak: Wanita yang bekerja berperan dalam membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarganya. Wanita pekerja industri rumah tangga sebagai salah satu anggota keluarga yang merupakan unit terkecil masyarakat yang memegang peran penting dalam proses pendidikan informal yang dapat membentuk sikap dan perilaku seseorang dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai perilaku ekonomi wanita pekerja dalam lingkungan keluarga yang meliputi kegiatan produksi, konsumsi, distribusi, investasi dan menabung pada aktivitas kehidupannya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan riset kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa perilaku ekonomi sebagai implementasi pendidikan ekonomi informal di lingkungan keluarga dilakukan dalam kegiatan produksi yaitu dengan bekerja menghasilkan produk dengan menjalankan ketiga fungsi produksi secara bersamaan yaitu tenaga kerja, pemilik dan kewirausahaan. Kegiatan konsumsi wanita dalam keluarganya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan skala prioritas berupa barang fisik dan non fisik. Kegiatan distribusi dengan menyalurkan hasil produksi secara langsung dan tidak langsung dengan menambah daya tarik dan nilai guna produk dengan kemasan yang baik. Kegiatan menabung dilakukan dengan menyisihkan sebagian kecil pendapatan yang dikumpulkan dan dimanfaatkan sebagai cadangan dana di masa mendatang. Sedangkan fenomena lain terdapat pandangan bahwa menabung dapat berbentuk investasi menyekolahkan anak ke jenjang pendidikan yang cukup sesuai kemampuan keuangan keluarga.


Kata Kunci: Perilaku Ekonomi, Produksi, Konsumsi, Distribusi, Menabung

Referensi

Ahmadi, Rulam. 2005. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Ekonomi , Jakarta: Kencana.

Fahmi, Moh. Farih, Wahjoedi, Sri Umi Mintarti Widjaya. 2016. Konsep Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga, National Conference On Economic Education, Agustus 2016, ISBN: 978-602-17225-5-8. Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. H.933-948.

Karnawati, Tin Agustina. 2018. The Meaning of Work and Their Relationship in The Family :Case Study in Women Food Home Industry Workers in Malang, Proceeding Improving Quality of Life through Multi Sector Collaboration International Conference on Public Health (UPHEC2018), Public Health Faculty of Universitas Ahmad Dahlan, 21-22 Februari 2018. Yogyakarta (Indonesia). p.101-108.

Moleong, LJ. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sahara, Elvira. 2000. Pemberdayaan Perempuan dalam rangka mengentas kemiskinan di Desa Sumberglagah Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Program Pasca Sarjana. Tesis. Malang: Universitas Brawijaya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Swasono,Sri Edi.2009. Pemberdayaan Ekonomi Rakyat: Strategi Peluang dan Kesadaran Gender, Materi Seminar dan Latihan tema: MindsetRevolution:Peluang Bisnis UK Berbasis Gender dan Lingkungan, 8 Juni 2009.PPGK-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Malang: Universitas Brawijaya.

Wahjoedi. 2008. Kekinian Pendidikan Ekonomi dan Bisnis dalam menghadapi Tuntutan dan Tantangan Jaman, Materi Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan Ekonomi & Bisnis melalui Profesionalisasi Pendidik. 2 Februari 2008, UM Malang.

Widayat. 2011. Perilaku Berinvestasi : Perspektif Mixed Method, Aditya Media Publishing, Yogyakarta.

Widiansyah, Apriyanti. 2017. Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi, Cakrawala, Volume XVII No. 2 September 2017. FIP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. p-ISSN 1411-8629, e-ISSN: 25793314.h.207-215

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12