PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Penulis

  • Siti Arafat Prodi PGSD Universitas Flores
  • Adi Neneng Abdullah Prodi PGSD Universitas Flores

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian tindakan kelas ini bersifat siklik yang melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian merupakan siswa kelas IV SDI Ende 16 yang berjumlah 29 orang. Data diperoleh dengan teknik angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa setiap siklusnya, tes hasil belajar untuk mengetahui peningkatan hasil belajar serta observasi untuk mendapatkan data pendukung dalam menerapkan model think pair Share berbantuan media animasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata motivasi siswa dan hasil belajar di akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan model think pair share berbantuan media film animasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.


Kata kunci: Model Think Pair Share, Media Film Animasi, Motivasi Belajar

Referensi

Agina, AM. 2003. The Advantages and Disadvantages of The Animation Technology in Education and Training [internet]. [cited 4 Desember 2019]. Available from:: http://projects.edte.utwente.nl/pi/Papers/AnimationPaper.html.

Emda, A. 2017. Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 No. 2, 93-196.

Gulo, I.S.P.J. 2018. Hubungan antara minat belajar, cita-cita siswa, kompetensi guru, komunitas teman sebaya dengan motivasi belajar siswa SMA negeri di kabupaten Sleman [Skripsi]. [Yogyakarta(Indonesia)]: Universitas Sanata Dharma.

Hegarty, M. 2004. Commentary Dynamic Visualizations and Learning: Getting to The Difficult Questions.Learning and Instruction. 14, 343-351.

Imamah, N. 2012. Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol.1, no. 1.

Kunar, B. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN 01 Luhak Nan Duo. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. I No.1.

Kurniasari, E. F., Setyaningtyas, E.W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation. Vol.1 (2) pp. 120-127. Latif , M.A. 2015. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Active Learning Di SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2014/2015 [skripsi]. [Surakarta (Indonesia)]: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mufidah, L. 2013. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol.1, No.1.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. 2010. Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Widaningsih, W. 2014. Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perkalian Dengan Menggunakan Metode Course Review Horay [Skripsi]. [Bandung (Indonesia)]: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wurinanda, I . 2015. Manfaat Belajar Kelompok [internet]. [cited 4 Desember 2019]. Available from: https://news.okezone.com/read/2015/04/21/65/1137674/manfaatbelajar-kelompok.

Winantara, I.W. D., Jayanta ,I.N.L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 9-19.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12