PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BELAJAR BAHASA MANDARIN DI SMP SWASTA SULTAN AGUNG PEMATANG SIANTAR

Penulis

  • Sherly Sherly STIE Sultan Agung
  • Edy Dharma STIE Sultan Agung
  • Saut Purba Universitas Negeri Medan

Abstrak

Abstrak: Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa asing yang telah diakui secara internasional. Di dalam dunia pendidikan di Indonesia, mulai tahun 2002 Depdiknas memulai penggunaan Bahasa Mandarin sebagai pilihan bahasa asing dalam kurikulum pendidikan nasional. Belajar Bahasa Mandarin harus menguasai 4 kompetensi dasar yaitu mendengarkan/ tÄ«ng (å¬), berbicara/ shuÅ(说), membaca/ dú (读) dan menulis/ xiÄ• (写). Untuk menguasai ke-4 kompetensi dasar itu tidaklah mudah. Oleh karena itu dimanfaatkan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam Bahasa Mandarin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi siswa SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar dalam belajar Bahasa Mandarin sekaligus memberikan solusi belajar yang sesuai dengan kemampuan siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Bahasa Mandarin.


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kemampuan Siswa

Referensi

Agusrina, Vinati. 2008. Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Bahasa Mandarin Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. [Laporan Tugas Akhir]. [Surakarta (Indonesia)]: Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret.

Chen Ronglan. 2013. Bahasa Tionghoa åŽè¯­ . Beijing: Penerbit Pendidikan Ilmu Pengetahuan.

Elyana, dkk. 2017. Efektivitas Penggunaan Mobile Dictionary Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Terhadap Pembelajaran Mata Kuliah Membaca Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Kristen Indonesia. JDP Volume 10, Nomor 2. ISSN 204-225.

Hamalik, Oemar. 1982. Media Pendidikan. Bandung: ALUMNI.

Kosasi, Sandy. 2014. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar. Jurnal Eksplora Informatika, Volume 4, Nomor 1.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mureiningsih, Endang Sri. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Madaniyah Edisi VII. ISSN 20863462.

Nirmala, Dewi. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. [Tesis]. [Makassar (Indonesia)]: Universitas Negeri Makassar.

Rachel Wang. 2019. Connected With Chinese. Medan: Insight Publishing House.

Widyaningsih, Galih Edy Nur. 2019. Penggunaan Kamus Digital dan Kamus Cetak Terhadap Penguasaan 汉字 Han zi. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial. Volume 10, Nomor 1.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12