PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TUGAS PERKEMBANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Penulis

  • Sandy Husein Abdullah Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor

Abstrak

Abstrak: Ketuntasan tugas perkembangan peserta didik sekolah dasar (SD) sangat penting sekali untuk diperhatikan, hal ini sangat berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik, dimana keduanya perlu diperhatikan oleh setiap pendidik agar setiap pendidikan yang diberikan sesuai dengan porsi yang harus dimilikinya dan tepat sasaran. Tujuan penulisan artikel ini agar setiap pendidik mampu memahami pendidikan karakter dalam perspektif barat dan Islam dan tugas perkembangan peserta didik agar pendidik mampu melaksanakan proses pendidikan tepat sasaran dalam perspektif Islam dan memberikan dampak positif kepada peserta didik agar mereka mampu merealisasikan setiap tugas perkembangan baik di lingkungan keluarga atau masyarakat. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research) atau artikel dengan melalui tahapan mencatat, memadukan dan menganaslisa untuk menemukan titik pengembangan yang harus dilakukan. Hasil dari pembahasan ini adalah bahwa kombinasi pendidikan karakter dengan tugas perkembangan sangat perlu mendapat porsi yang tinggi berdasarkan Al Qur’an dan Hadist, agar semua proses pendidikan yang dilakukan tepat sasaran sesuai dengan kepribadian peserta didik, dan mereka mampu menjadi hamba Allah yang taat dan memiliki adab dan akhlak mulia, inilah karakter yang harus peserta didik miliki khususnya peserta didik sekolah dasar.


Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Tugas Perkembangan, Perspektif Islam

Referensi

Aeni, Ani Nur, 2014, Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam, Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 1 April.

Ainiyah, Nur, 2013, Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al- Ulum Volume. 13 Nomor 1, Juni.

al-Ik, Syeikh Khalid bin Abdurrahman, 2017, Prophetic Parenting, Yogyakarta : Laksana.

Anwar, Mujib, 2019, Dengar Siswa SD Surabaya Ngelem usai Putus Cinta di Medsos, Risma Datangi Sekolahnya Lakukan Hal Ini, https://www.tribunnews.com/regional/2020/01/15/dengar-siswa-sd-surabaya- ngelem-usai-putus-cinta-di-medsos-risma-datangi-sekolahnya-lakukan-hal-ini.

Citra, Yulia, 2012, Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran, Jurnal Ilmiah.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Undang-Undang No 20 Tahun 2003, (Jakarta: Depdiknas.

Hurlock, Elizabeth B. 1991, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta : Erlangga.

IPA Indonesia 1 (2).

Jannah, Miftahul, 2015, Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak, Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, Vol. 1, No. 2, September.

Khusniati, M. 2012, Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA, Jurnal Pendidikan

Network, Grid, 2019, Tak Tahan Usai Tonton Film Dewasa, Siswa SD Nekat Hamili Siswi SMA yang Masih Sepupunya Sendiri, https://www.tribunnews.com/regional/2019/04/16/tak-tahan-usai-tonton-film- dewasa-siswa-sd-nekat-hamili-siswi-sma-yang-masih-sepupunya-sendiri.

Putri, Dini Palupi, 2018, Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital, ARRIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1.

Sudrajat, Ajat, 2011, Mengapa Pendidikan Karakter?, Jurnal Pendidikan Karakter,Tahun I, Nomor 1, Oktober.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12