PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA DIGITAL PADA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI DI SMPIT AR-RAIHAN BANTUL

Penulis

  • Riswanda Himawan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Luluk Mahdhuroh Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Ludviana Eka Purnami Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstrak

Abstrak: Pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih aktif mencari dan menggali materi yang diajarkan. Selain itu dalam kurikulum 2013 siswa juga dilatih untuk menerapkan keterampilan abad 21 atau lebih dikenal dengan keterampilan 4C dengan penjabarannya yakni Colaboration, Comunication, Crithical thingking, dan Creative. Dalam menerapkan keempat keteampilan tersebut, seorang pendidik membutuhkan suatu model pembelajaran yang pas, agar keempat keterampilan tersebut dapat ditanamkan kepada peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang pas dan dapat digunakan oleh pendidik khususnya pendidik bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks pembelajaran berbasis 4C ini adalah model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian dalam judul ini adalah untuk mengetahui ketertarikan siswa dan meningkatnya semangat siswa dalam melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning.Metode penelitian dalam penelitian ini dengan pengamatan langsung (observasi). Hasil menunjukan berdaarkan pengamatan siswa lebih tertarik pada materi yang diajrakan melalui model discovery learning dan mengkolaborasikan media digital sebagi media pembelajaran.


Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa, Abad 21

Referensi

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bashtiar Ismail Adkhar. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasisi Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran IPA di SD LABSCHOOL UNNES. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Djamarah, Syaiful Bahri, Azwan Zain.2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gina Rosarina., Ali Sudin., Atep Sujana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah 1(1), 371-380. https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/53869167. Harsiati, Titik. 2016a. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kartika, S.E. 2010. Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Diskusi Dan Discovery Terpimpin Berorientasi Sets Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Pada Materi Zat Adiktif dan Psikotropika di SMP Negeri 22 Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Praptomo Baryadi Isodarus. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Imiah Kebudayaan SINTESIS, 11(1), 1-11. https://ejournal.usd.ac.id/index.php/sintesis/article/viewFile/927/731.

Qurrhata A’Ayun Juniarsih. 2015. Peningkatan Retensi Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Penerapan Discovery Learning Dan Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas VIIG SMP Negeri 18 Malang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Yunus Abidin. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12