IMPLEMENTASI HIDDEN CURICCULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Penulis

  • Regy Prasetya Universitas Negeri Semarang
  • Budi Febriyanto Universitas Negeri Semarang
  • Ari Ryanto Universitas Majalengka

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk memecahkan permasalahan yang saat ini terjadi di masyarakat, saat ini banyak lembaga pendidikan namun hanya berlomba-lomba pada bidang akademik saja. Lembaga pendidikan dianggap hanya sebagai pelaksana kurikulum. Kurikulum yang disampaikan hanya sebatas produk pendidikan yang dibuat oleh pemerintah tanpa adanya inovasi yang mengarah untuk pembentukan karakter siswa. Sehingga output yang dihasilkan masih belum terlalu maksimal serta belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Maka untuk mengetahui permasalahan tersebut peneliti merumuskan permasalahan singkat sebagai berikut: 1). Bagaimana desain kurikulum tersembunyi. 2).Bagaiamana metode yang digunakan dalam pembentukan karakter. 3). Bagaimana dampak dari penerapan kurikulum tersembunyi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Tazkia Insani dan MI Darul Falah Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan informasi temuan secara deskriptif, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Mengingat penelitian ini memiliki dua situs dengan karakteristik yang berbeda (Multi Kasus), maka data yang terkumpul terlebih dulu dianalisis ecara individu, baru kemudian dilakukan analisis data lintas situs. Hasil dari penelitian ini adalah : 1). Desain yang dibuat sekolah dalam pembentukan karakter berpedoman pada visi-misi sekolah. 2). Pembentukan karakter dilakukan dengan metode terintegrasi dan bertahap. 3). Dampak yang diterima lembaga setelah melaksanakan kurikulum tersembunyi yaitu, menjadikan sekolah semakin unggul dan berkualitas.


Kata Kunci: Hidden curriculum, Pembentukan Karakter, Sekolah Dasar

Referensi

Asep S.H. 2012. Manajemen Sekolah Berbasis Karakter. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, volume 1 no. 1 Januari 2012 halaman 8-22.

B.G Glasser& A.L. Strauss. 1974. The Discovery of Grounded Theory Strategies for Research, Chicago: Aldine Publishing Company.

Berkowitz, Marvin W., Victor A. Battistich and Bier, Melinda C.2008. What Works in Character Education: What Is Known and What Needs to Be Known dalam Handbook of Moral and Character Education. Routledge. New York.

Cholid Narbuko, Abu Ahmadi.2003. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Basrowi Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif, Perspektif Mikro, Surabaya: Insan Cendekia.

Emzir. 2012. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, Ed. III; Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Furchan. A.1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, O. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Idi, A.2010. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik, Ed. III. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kartono, K.1999. Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju.

Mulyasa.H.E.2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Akasara.

Narbuko Cholid, Abu Ahmadi. 2003. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Narwanti, S. 2011. Pendidikan karakter: Pengintegrasian 18 Pembentukan Karakter dalam Mata Pelajaran, Yogyakarta: Familia.

Nucci, Larry P & Narvaez, Darcia (editor).2008. Handbook of Moral and Character Education. Routledge. New York.

Narvaez, D. 2006. Integrative Ethical Education. In M. Killen & J. G. Smetana (Eds.), Handbook of Moral Education (pp. 703– 733). Mahwah, NJ and London: Erlbaum.

Paul C.Cozby.2009. Methods in Behavior Research, terj. Mahfur, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robert C. Bogdan dan Sari Knopp Biklen.1998. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Aliyn and Bacon, Inc.

Sanjaya, W. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Spradley, James P.1990 Partisipation Observation, New York: Hort, Rinchard and Winston.

Sugyiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualiatatif, dan R&D Cet. XI; Bandung: Alfabeta.

Subandijah. 1996. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suyanto, B. 2007. Metode Penelitian Berbagai Alternatif Pendekatan, Cet.III; Jakarta: Kencana.

Vallance, Elizabeth. “Hiding the Hidden Curriculum: An Interpretation of the Language of Justificationin Nineteenth-Century Educational Reform.†The Hidden Curriculum and Moral Education. Ed. Giroux, Henry and David Purpel. Berkeley, California: McCutchan Publishing Corporation, 1983. 9-27.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12