IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS KARAKTER SISWA SD MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA

Penulis

  • Ratno Abidin Prodi PG-PAUD, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asy’ari Asy’ari Prodi Pendidikan Biologi, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Abstak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi manajemen sekolah berbasis karakter di SD Muhammadiyah 9Surabaya. Untuk mengetahui nilai-nilai karakter apa saja yang ingin di capai pada sekolah menengah. Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk memberikan keputusan baik buruk, memelihara kebaikan, mewujudkan dan menebar kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Pendidikan karakter bermakna lebih tinggi dari pada pendidikan moral karena pendidikan karakter tidak hanya mengenal benar dan salah, akan tetapi bagaimana siswa tertanamkan kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa memiliki kesadaran dan pemahaman serta kepedulian untuk berkomitmen dalam kehidupan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SD Muhammadiyah 9Surabaya. Dalam prosedur pelaksanaan penelitian dilakukan cara pengumoulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan audio visual.Kriteria yang digunakan dalam penentuan informan adalah guru wali kelas, guru BK, staff kurikulum. Tahap wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi dari sekolah terkait dengan implementasi manajemen sekolah berbasis karakter di SD Muhammadiyah 9Suarabaya. Hasil penelitian memberi gambaran bahwa karakter khusus yang ingin ditanamkan di sekolah ini ialah kreativitas, keberbakatan dan akhlaq. Disamping itu juga tidak melupakan karakter-karakter yang sudah mendasar pada umumnya seperti kejujuran, disiplin da sebagainya.

Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Pendidikan Karakter, Implementasi

Referensi

Afifudin, & Beni, A. S. (bandung). metodologi penelitian kualitatif. Bandung: pustaka setia.

Dalyono, B. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah.

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal pendidikan karakter.

Hidayat, A. S. (2012). Manajemen sekolah berbasis karakter. Jurnal inovasi dan kewirausahaan, 822.

Hidayat, A. S. (Januari 2012 ). MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS KARAKTER. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 8-22.

Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. 226.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2006). metode penelitian kuantitatif. PT. Raja Grafindo Persada, hal. 65.

Ramadhani, M. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal pendidikan universitas garut, 28-37.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentuk karakter bangsa. Prosisding seminar nasional tahunan fakultas ilmu social universitas negeri medan, 348-352.

Sugiyono. (2015). metode penelitian kombinasi (mix methods). bandung: Alfabeta.

Usman, S. (2014). Meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah. Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, 13-31.

Wati, E. (2014). Manajemen pendidikan inklus di sekolah dasar negeri 32 kota banda aceh. Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, 368-378.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12