ANALISIS VIRTUAL MARKET TAMAM.ID DALAM PERKULIAHAN DIGITAL ENTREPRENUERSHIP PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Penulis

  • Qurota Yunus Syafidah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Trisno Martono Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Khresna Bayu Sangka Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstrak

Abstrak: Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo merupakan perguruan tinggi waqaf yang berada di bawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Dalam mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo memiliki visi, misi, dan jiwa pesantren. Pondok memegang teguh prinsip kemandirian, sehingga dalam mengimplementasikan kewirausahaan juga menggunakan prinsip tersebut. Pada era revolusi industri 4.0, semua mahasiswa diwajibkan untuk menempuh mata kuliah Digital Entrepreneurship. Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) meluncurkan Software Virtual Market TAMAM.Id. yang akan diterapkan dalam mata kuliah Digital Entrepreneurship. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan Virtual Market Tamam.id dalam mata kuliah Digital Entrepreneurship. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adannya Virtual Market Tamam.id dalam mata kuliah Digital Entrepreneurship dapat memberikan pengalaman baru dalam dalam mata kuliah Digital Entrepreneurship. Di sisi lain, melalui Virtual Market Tamam.id mahasiswa memiliki kemampuan berwirausaha berbasis teknologi.


Kata Kunci: Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo, Virtual Market Tamam.id, Digital Entrepreneurship

Referensi

Arsyad, Lincolin. 2010. Ekonomi Pembangunan. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Basuki S. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Carrier C, Raymond L, dan Eltaief A. 2004. Kewirausahaan dunia maya merupakan studi kasus berganda. International Journal of Entrepreneurial.

Dahnial AR & Warsiah N. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium PKn FPIPS UPI.

Davidson E, dan Vaast E. 2010. Kewirausahaan digital dan pemberlakuan sosiomaterialnya. System Ilmu Pengetahuan (HICSS), Konferensi Internasional Hawaii ke-43 2010, Honolulu, HI, 5-8 Januari, tersedia di: www.hicss.hawaii.edu/bp43/IN6.pdf (diakses 5 Nopember 2019).

Duarte, Cabrita, dan Machado (2019). Business Model, Lean and Green Management and Industry 4.0: A Conceptual Relationship. AISC 1001, 359–372.

Geissinger, et al(2019). Digital entrepreneurship and field conditions for institutional change–Investigating the enabling role of cities. Technological Forecasting & Social Change, 887-886.

Hull CE, Hung YTC, Hair N, Perotti V, dan DeMartino R. 2007. Mengambil keuntungan dari digital peluang: tipologi kewirausahaan digital. International Journal of Networking dan Organisasi Virtual. 4:290-303.

Jhingan. 2010. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 2018. Indonesia biutuh 4 juta Wiraswasta baru untuk menjadi negara maju. https://kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-Butuh-4-Juta-Wirausaha- Baruuntuk-Menjadi-Negara-Maju. Diunduh tanggal 3 Desember 2019.

Matlay H, dan Westhead P. 2007. Inovasi dan kolaborasi dalam tim virtual wirusaha: bukti kasus dari industri pariwisata Eropa. International Journal of Entrepreneurship dan Inovasi. 8: 29-36.

Moleong L. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nwagwu & Azih, Nonye (2015). Assesing Readness for Integration of Electronic Learning into Bussiness Education Programmes in Tertiary Institutions in Ebonyi State. Journal of Education and Practice. 7:2222-2228.

Rita, N. 2017. Peranan Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Kewirausahaan LPPM Universitas Indraprastta PGRI Jakarta. hlm. 60-69.

Susilaningsih. 2015. Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi, pentiohkah bagi semua profesi ?. 11: 1-9.

Universitas Darussalam Gontor Ponorogo. 2019. Perkuat ekonomi umat Unida Gontor canangkan virtual market. http://pps.unida.gontor.ac.id/perkuat- ekonomi-umatunida-gontor-canangkan-virtual-market/. Di akses tanggal 3 Desember 2019.

Vissa, B. dan Bhagavatula, S. 2012. Penyebab dan konsekuensi dari churn dalam pribadi pengusaha jejaring, Jurnal Kewirausahaan Strategis . 6:273-289.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12