PEMANFAATAN KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN SENI DI TK ISLAM RAUDLATUL AZHAR

Penulis

  • Nila Fitria Universitas Al Azhar Indonesia
  • Vitasya Putri Zahrawanny Universitas Al Azhar Indonesia

Abstrak

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini menggambarkan pemanfaatan komputer pada pembelajaran seni di taman kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan komputer dalam pembelajaran seni menggunakan program paint. Pada pembelajaran seni, anak mengingat dan memahami tentang warna, bentuk geometri, paint brush, kuas, pen dengan berbagi ukuran, dan penghapus. Anak- anak dapat menerapkan dengan membuat gambar, mewarnai, mencampurkan warna, dan menulis nama dan katakata sederhana. Selain itu anak dapat bernyanyi bersama mengikuti video yang ditampilkan di komputer. Kendala dalam pembelajaran ini, terbatasnya jumlah komputer yang dimiliki oleh lembaga pendidikan sehingga anak harus bergantian pada saat pembelajaran seni dengan menggunakan komputer. Kendala lain ditemukan oleh peneliti, terbatasnya waktu dalam pembelajaran sehingga anakanak “ tidak puas†dalam bermain komputer.

Kata Kunci: Komputer, Pembelajaran Seni, Taman Kanak-Kanak

Referensi

Arifin, Hasnul. 2009. Panduan Membeli Komputer: Murah dan Berkualitas. Mediakom: Yogyakarta.

Setiyadi, Didik. 2016. “Media Pembelajaran Untuk Anak Sekolah Dasar Tentang Pengenalan Tata Surya Menggunakan Computer Assisted Instruction (CAI)†dalam Information Management for Educators and Professionals. Jurnal STMIK Inovasi Sains Teknologi Bisnis Volume 1 Nomor 1, Desember 2016.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif (untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy, J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparno, Paul. 2006.Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.

Prawira, Ganda. N. 2017. Seni Rupa dan Kriya, Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Anderson.L. W. Krathwohl, D.R. Airasian, P.W. Crukshank., et.al 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, andAssesing: A Revision of Bloom ‘s Taxonomy of Educational Objectives, New York: Longman.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12