THE OWNERS’ PREFERENCE IN USING ENGLISH AS CULINARY TRADEMARK BRANDING IN MAGELANG STREET FOOD AND CAFÉ

Penulis

  • Muhammad Rauuf Oktavian Nur Universitas Tidar
  • Febriana Aminatul Khusna Universitas Tidar

Abstrak

Abstrak: Sebagai salah satu unsur budaya, kuliner Indonesia juga menjadi sebuah unsur kebanggaan dari bangsa ini. Magelang memiliki banyak jenis produk kuliner. Mulai dari kuliner tradisional hingga yang modern sangat mudah dijumpai di kaki lima atau kafe kecil lain. Dalam rangka untuk bersaing dengan produk kuliner lain, mereka harus memiliki merek dagang yang kuat. Banyak dari mereka menggunakan Bahasa Inggris sebagai merek dagang. Penelitian ini akan mendeskripsikan hasil studi tentang penggunaan Bahasa Inggris sebagai merek dagang produk kuliner oleh pedagang kaki lima serta pemilik kafe kecil. Mengumpulkan informasi, melakukan wawancara, menyusun kategori, mencari teori yang sesuai serta membandingkan teori tersebut dengan hasil dan teori lain merupakan beberapa langkah yang dilakukan dalam penyusunan penelitian ini. Pemilik dari merek dagang produk kuliner memiliki banyak tujuan serta kebutuhan mengapa mereka harus menggunakan Bahasa Inggris untuk produk yang dijual. Factor lingkungan, kompetisi pasar, dan alasan menarik lain yang disampaikan ada di dalam hasil penelitian ini.


Kata Kunci: Pendidikan Bahasa Inggris, Merek Dagang, Kuliner, Pemasaran, Budaya, Bahasa

Referensi

Anderbeck, Kristen Leigh. (2010). Language Use and Attitudes among the Jambi Malays of Sumatra. SIL e-Books 21, 2010, SIL International ISBN: 978-155671-260-9 ISSN: 1934-2470.

Bartram, Brendan. (2010). Attitudes to Modern Foreign Language Learning: Insights from Comparative Education. New York: Continuum International Publishing Group.

Cam, L., and Tran, T., M. (2017). An evaluation of using games in teaching English grammar for first-year English-majored students at dong nai technology university. International journal of learning, teaching, and educational Research, pp. 55–71.

Djajasudarma, Fatimah. (2006). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: RefikaAditama.

Kusumaningrum, W. R. (2018). Pre-service teachers' perception of teaching future EFL students: a micro-ethnography approach. Journal of language teaching and research.

Patton, M., and Cocharn, M. (2002). A Guide to Using Qualitative Research Methodology. Médecins Sans Frontières, Paris.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12