PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 SIGLI

Penulis

  • Miswar Saputra STIT Darussalamah Teupin Raya
  • Nanda Saputra STIT Al-Hilal Sigli

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan adalah: 1) menerapkan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SDN 1 Sigli, 2) mengetahui Apa saja nilai-nilai karakter dalam budaya sekolah yang diterapkan di SDN 1 Sigli, 3) mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SDN 1 Sigli. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari satu kepala sekolah, enam guru, dua guru ekstrakurikuler, tiga siswa kelas IV, V dan VI, dan komite sekolah. Seleksi penelitian subyek telah dengan pertimbangan tertentu. Percobaan dilakukan di SD Negeri 1 Sigli. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan pengamatan moderat karena para peneliti hanya melakukan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh pembicara. Teknik analisis data yang digunakan selama penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah yang dilakukan di SD Negeri 1 Sigli meliputi intrakurikuler termasuk tadarus one day one ayat, senam massal, upacara bendera, peringatan hari besar, pergi perpustakaan. Selain kegiatan intrakurikuler, pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri 1 Sigli juga dimanifestasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler, yaitu pramuka, TPA, TIK,marching band, drama, dalail khairat, dan shalawatan. 

Kata Kunci: Karakter Siswa, Kultur Sekolah

Referensi

Agustian, Ginanjar. 2010. Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Restrukturisasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogayakarta: Gava Media.

Ki Hadjar Dewantara. 2013. Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Perasatuan Tamansiswa.

Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Narwanti Sri. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitantif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasidi Sekolah. Yogyakarta: Pedagogia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12