PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DI SD TAWANGSARI

Penulis

  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Abstrak: Suatu proses pembelajaran selalu berkaitan dengan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk mendapat hasil belajar yang optimal, maka diperlukan suatu media pembelajaran yang mendukung agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik, selain dapat berlangsung dengan baik siswa dapat mudah menyerap materi dan memahami materi yang diajarkan. Bila media yang digunakan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran maka hasil belajar siswa pun akan mendapat hasil yang baik/optimal. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek 25 siswa kelas III SDN Tawangsari Sidoarjo. Dan diperoleh hasil untuk aktifitas siswa meningkat 20,5% dari siklus I 62,5% ke siklus II yaitu 83%, dan hasil belajar IPA meningkat sebesar 18,8 dari pada siklus I 63,2 menjadi 82 pada siklus II. Jadi, dapat dikatakan bahwa peran penggunaan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.


Kata Kunci: Multimedia, Aktivitas, Hasil Belajar IPA

Referensi

Antari NLPY, Wiarta IW, Putra M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal PGSD Univ Pendidik Ganesha [Internet]. 5(2):1– 10. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10928/7004.

Faradita M. N. 2018. Penerapan Pembelajaran CLIS dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Pemecahan Masalah.

Ismail A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida. JIPFRI (Jurnal Inov Pendidik Fis Dan Ris Ilmiah). 1(2):83–87.

Kurniawati RP, Hadi FR, Rulviana V. 2019. Penerapan Multimedia Pembelajaran Matematika Berdasarkan CLT (Cognitive Load Theory) Pada Siswa Kelas V SDN Pilangbango. In: Pros Semin Nas Has Penelit LPPM Univ PGRI Madiun. [place unknown]; p. 88–93.

Subekti EE, Cahyadi F, Fajriah K. 2017. Multimedia Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio dalam Mata Kuliah Matematika 1 untuk Mahasiswa PGSD. J Medives J Math Educ IKIP Veteran Semarang. 1(2):134–140.

Susilowati D. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. J Ilm EDUNOMIKA. 2(01):36–46.

Ulfah A. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. J Ilm Bhs dan Sastra. 4(1):1–18.

Wibowo DMLME, Tadjri I. 2013. Pengembangan modul bimbingan karir berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kematangan karir siswa. J Bimbing Konseling. 2(1):1–9.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12