PROSES PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI DI SD

Penulis

  • Lilik Binti Mirnawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wardatul ‘ Izzah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fitri Hamidah Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan model pembelajaran inovatif dengan menggunakan mind mapping yang dapat digunakan sebagai pedoman oleh guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas II SD. Model pembelajaran yang dikembangkan disebut dengan model P4K yang berasal dari singkatan sintaksnya (pengkondisian, peralihan, pengumpulan dan pengolahan informasi, pengomunikasian hasil, dan konsolidasi). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang meliputi empat tahap, yang terdiri atas tahap (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Akan tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan tanpa melakukan tahap penyebaran karena produk penelitian ini hanya dikhususkan di sekolah uji coba. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kalijudan I Surabaya. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, check list dan catat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa model pembelajaran yang dikembangkan sudah tercapai sesuai target yang diharapkan dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inovatif dengan menggunakan mind mapping dapat digunakan sebagai pedoman oleh guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran menulis narasi di SD.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Inovatif, Mind Mapping, Menulis Narasi

Referensi

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nugroho, Aris Prasetyo., Raharjo, Trustho., & Wahyuningsih, Daru. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika.

Porter, B. D., & Hernacki, M. 2001. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Ramadhani, Dina. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Sumatera Barat: Jurnal Gramatika.

Semi, Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: UNP Press.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12