MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI KETELADANAN GURU TERHADAP SISWA SD NEGERI BAMBONG

Penulis

  • Khaidir Khaidir IAI Al-Aziziyah

Abstrak

Abstrak: Keteladanan guru sangat dibutuhkan sebagai upaya dalam menanamkan serta membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Tujuan penelitian adalah; (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk keteladanan guru dalam menanamkan pembentukan karakter disiplin; (2) mendeskripsikan bentukbentuk keteladanan guru dalam menanamkan pembentukan karakter tanggung jawab; (3) mendeskripsikan hambatan dan solusi guru dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) bentuk keteladanan guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa kelas tinggi dengan cara pembiasaan dan pendekatan; (2) bentuk keteladanan guru dalam menanamkan karakter tanggung jawab kelas tinggi dengna cara pembiasaan dan pendekatan; (3) masih terjadi hambatan dari lingkungan keluarga dan masyarakat dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas tinggi; (4) solusi untuk meminimalisir hambatan dalam menanamkan pembentukan karakter dengan cara pembiasaan dan pendekatan.


Kata Kunci: Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab, Keteladanan Guru

Referensi

Fuad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub. 2011. “Begini Seharusnya Menjadi Guru†Terjemah “Al-Mua’allim al awwal (Qudwah likulli Mu’allim wa Mu’allimah)â€, Jakarta: Darul Haq.

Hartini, Sri. 2017. “Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru di MTS Negeri Kabupaten Klatenâ€. Journal Basic of Education ISSN: 2548-9992. http://www.researchgate.net (Diakses pada 20 Desember 2019, pukul 11:55).

Komalasari, Kokom dkk. 2017. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan. Jakarta: Kencana.

Syafaruddin. 2015. Inovasi Pendidikan (Suatu analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan). Medan: Perdana Publishing.

Tohirin. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Sisdiknas RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12