VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ishmatun Naila Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Qaulan Sadida Universitas Airlangga

Abstrak

Abstrak: Matematika merupakan disiplin ilmu yang mengutamakan penalaran logika untuk memecahkan persoalan-persoalan yang kompleks. Hal tersebut membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skill yang melibatkan ketrampilan yang kritis, analitis, kreatif, dan sistematis sehingga model pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher-centered) menghambat upaya siswa dalam melatih kemampuan kognitifnya. Metode scaffolding yang dicetuskan oleh psikolog Lev Vygotsky adalah salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika serta memenuhi persyaratan pendidikan Kurikulum 2013. Metode scaffolding mengintegrasikan upaya dua pihak dalam kegiatan belajar mengajar yakni guru dan murid secara optimal dan bertahap untuk mencapai hasil yang maksimal. Guru dapat memberikan bantuan kepada murid berupa pengetahuan dasar, petunjuk, dorongan dan peringatan pada tahap awal untuk memungkinkan murid belajar mandiri di tahap selanjutnya. Pembelajaran menggunakan metode scaffolding bertujuan meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika.


Kata Kunci: Matematika, Scaffolding, Metode Pembelajaran, Pendidikan Sekolah Dasar

Referensi

Abdulsalam, H. (2018, Nov 18). Indonesia Tak Cakap Berhitung karena Matematika Dianggap Sulap. Retrieved from tirto.id: https://tirto.id/indonesia-tak-cakapberhitung-karena-matematika-dianggap-sulap-dacn.

Anghileri, J. (2006). SCAFFOLDING PRACTICES THAT ENHANCE MATHEMATICS LEARNING. Journal of Mathematics Teacher Education, 33-52.

Applebee, A., & Langer, J. (1983). Instructional Scaffolding: Reading and Writing as Natural Language Activities. Languange Arts, 168-175

Arrifada, Y., Rofiqoh, D., & Kusaeri. (2016). Dinamika Perkembangan Matematika Abad Pertengahan Hingga Munculnya Gerakan Renaissance (Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah). Jurnal Fourier, 49-56.

Berk, & Laura, E. (1995). Scaffolding Children's Learning: Vygotsky and Early Childhood Education. Washington DC: National Association for the Education of Young Children.

Bransford, J., Brown, A., & Cocking, R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, and Experience & School. Washington DC: National Academy Press.

Chairani, Z. (2015). SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 39-44.

Chang, K., Chen, I., & Sung, Y. (2002). The effect of concept mapping to enhance text comprehension and summarization. The Journal of Experimental Education, 5-23.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 47-54.

Gredler, M. E. (2013). Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi Edisi keenam. Jakarta: Kencana.

Hidayat, T. (2019, July 1). Matematika dalam Perkembangan Teknologi. Retrieved from kompasiana: https://www.kompasiana.com/taufikhidayat0039/5d1961d7097f36351a3a1b09/ma tematika-dalam-perkembangan-teknologi.

Kemendikbud. (2014, Jan 14). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Retrieved from kemendikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamen dik.pdf.

Perelman, G. (2002, Nov 11). The entropy formula for the Ricci flow and its geometric applications. Retrieved from arxiv.org: https://arxiv.org/abs/math/0211159 Pramono, N. W. (2018). PERAN MATEMATIKA DALAM MEMBANGUN PERADABAN ISLAM. Al-Tadabbur, 1-14.

Raymond, E. (2000). Learners with Mild Disabilities. Cognitive Characteristics, 169-201.

Sanders, D., & Welk, D. (2005). Strategies to Scaffold Student Learning: Applying Vygotsky's Zone of Proximal Development. Nurse Educator, 203-207. Sari, N., & Surya, E. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP SWASTA AL-WASHLIYAH MEDAN. Edumatica, 1-10.

Schreiner, E. (2017, April 24). Basic Concepts in Mathematics. Retrieved from sciencing: https://sciencing.com/basic-concepts-mathematics-6159112.html.

Sudrajat. (2008). PERANAN MATEMATIKA DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI. The Power of Mathematics for all Aplications (pp. 1-12). Bandung: Pustaka Unpad.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12