PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK DI RA. DARUL ULUM PANDEAN KEC. REMBANG

Penulis

  • Gusmaniarti Gusmaniarti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wardah Suweleh Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini mengangkat pengaruh sentra Agama terhadap perkembangan nilai moral dan agama anak usia 4-5 tahun di kelompok A, dimana masih banyak anak anak usia dini yang belum bisa memahami konsep agama yang di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran sentra agama terhadap perkembangan nilai moral dan agama anak usia dini pada RA. Darul Ulum Pandean. Sehingga para pendidik khususnya Peneliti sendiri dapat mengetahui perkembangan nilai moral dan agama pada anak usia dini dikarena berkembangnya jaman dan berubahnya kemampuan berfikir anak. Penelitian ini menggunakan penelitian ekperimen kuantitatif yaitu regresi linier sederhana. Dimana Peneliti dapat mengetahui pengaruh sentra agama terhadap perkembangan nilai moral dan Agama anak pada RA.Darul Ulum Padean Rembang. Sebagai sampel siswa Kelompok A dengan Jumlah siswa 30 anak. Pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrument yang berupa daftar checklist antara indikator dengan pencapaian perkembangan Nilai Moral dan agama anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan mencapai 0,975 dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 3,214, sedangkan pada ttabel adalah 2,010 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Y=29,409+0,748X yang artinya seluruh pernyataan cukup reliable terhadap anak didik tentang perkembangan moral agama anak pada kegiatan disentra Agama melalui uji Validitas. hal itu menunjukan bahwa sentra Agama memiliki pengruh terhadap perkembangan nilai Agama dan Moral anak.

Kata Kunci: Pembelajaran Sentra Agama, Perkembangan Nilai Agama dan Moral

Referensi

Arikunto, Suharsimi.1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta.

Asmawati, Luluk.2015. Pengelolahan Kegiatan Pengembangan Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Hair, dkk.2009. multivariate Data Analysis. Sevent.Edition.Person Education. New Jersey. Diakses dari. http://books.google.co.id/books=hair+et+al+sampel+for+regression. Pada tanggal 5 Maret 2017.Pukuln13.36WIB.

Hildayani, Rini.2015. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Jo Ann Brewer, (2007). Early Childhood Education; Preschool Through Primary Grades.

J. Wantah, Maria, (2005) Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral, Jakarta: Dep. DIKNAS.

Mahyudin, Neni.2015. Dasar –Dasar Pendidikan TK. Tanggerang selatan: Universitas Terbuka.

Musfiroh, Takdiroatun.2015. Bermain dan Permainan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono.2010. Statistika Untuk Penelitian. Banfung: Alfa Beta.

Suryana, Dadan.2015. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Syaodih, Nana.2007. Metode Peneletian. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12