PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD GMIM TEMPANG DESA TEMPANG I KABUPATEN MINAHASA

Penulis

  • Eunike Mandolang Universitas Katolik De La Salle Manado

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas I SD GMIM Tempang, Desa Tempang I yang menemukan bahwa pembelajaran hanya berpusat pada guru sedangkan siswa hanya mendengarkan pembelajaran tematik cenderung membosankan, kurang menantang, itu tidak bermakna dan kurang relevan dengan kehidupan anak-anak sepanjang hari. Hasil yang diperoleh di silklus I baru mencapai 33,33%. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas I SD GMIM Tempang yang menemukan bahwa pembelajaran hanya berpusat pada guru sedangkan siswa hanya mendengarkan pembelajaran tematik cenderung membosankan, kurang menantang, tidak bermakna dan kurang relevan untuk kehidupan anak-anak sepanjang hari. Hasil yang diperoleh di silklus I baru mencapai 33,33%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran tematik Example Non-Example siswa kelas I SD GMIM Tempang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc. Taggart (Zainal Aqib, 2006: 31) dilakukan dengan dua siklus dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar yang diperoleh, pada siklus I mencapai 33,33% dan siklus II 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non-Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas tematik 1 SD GMIM Tempang.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Example Non-Example, Hasil Belajar, Matematika

Referensi

Aqib Zainal, dkk.2009.Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

-------- . 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jakarta: Yrama Widya.

Buehl. 2013. Model Pembelajaran Examples Non-Examples. http://riensuciati99.blogspot.co.id/2013/04/model-pembelajaran-examples-nonexamples.html. (diakses 29 Agustus 2016).

Rahmadi Widdiharto. (2006). Model-model Pembelajaran Matematika. Makalah diklat guru pengembang matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Rien Suciati (2013). Model Pembelajaran Examples Non-Examples. http://riensuciati99.blogspot.co.id/2013/04/model-pembelajaran-examples-nonexamples.html. diakses 29 Agustus 2016.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana. Hasil Belajar. http://www.sarjanaku.com/2011/03/pengertian-definisi-hasilbelajar.html, (diakses 27 agustus 2016 pukul 20.30).

Sukmadinata. 2004. Pembelajaran tematik dan aplikasinya di SD. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pembelajaran-tematik-dan-aplikasiny-disekolah-dasar-SD-catur tunggal.pdf. (diakses 20 Desember 2016).

Suyitno H. Iman. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran.Bandung: Retika Aditama.

Tennyson dan Pork (Salvin 1994). Pembelajaran kooperatif. Bandung: Yrama Widya.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Bandung: Citra Umbara.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12