PENGGUNAAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS MAHASISWA BIDANG STUDI KEPERAWATAN

Penulis

  • Eka Wulandari Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Yuyun Putri Mandasari Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Abstrak

Abstrak: Mengajar bahasa Inggris untuk tujuan khusus (English for Specific Purposes/ESP) berbeda dengan mengajar bahasa Inggris untuk tujuan umum atau akademik, dan biasanya diterapkan pada mahasiswa pendidikan vokasi, salah satunya adalah pada mahasiswa keperawatan. Bahasa Inggris ESP memiliki tantangan tersendiri dalam hal pengembangan keterampilan bahasa terutama dalam pengembangan keterampilan berbicara yang akan menjadi sangat penting ketika harus diaplikasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi perawat di dunia kerja. Untuk mencapai tujuan penguasaan keterampilan ini, penggunaan teknologi dalam pembelajaran bisa menjadi salah satu alternative. Salagh satunya adalah penggunaan video untuk media pembelajaran yang dipandang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, artikel ini bertujuan untuk mengkaji beberapa strategi bagaimana video bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa keperawatan dalam bahasa Inggris


Kata Kunci: ESP, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran, Video

Referensi

Andriani, Gita. (2014). Problems in Teaching English for Specific Purposes (ESP) in Higher Education. Journal of Literature, Language, and Language Teaching, 5(1). 30 – 40.

Arroyani, Risa. ((2018). Improving Students’ Speaking Skill Through You Tube Video Project for Nursing Department. JELLT. 2 (2). 5 – 18.

Badrov, Tatjana & Jurkovic, Ivana. (2017). Attitudes of Nursing Students toward the Importance of Communication Skills in the English Language. J. appl. health sci. 3 (2). 265 – 271.

Broady, E. 2005. The four language skills or ‘juggling simultaneous constraints’ In James A, C & John, K (Eds.), Effective Learning and Teaching in Modern Languages. Oxon: Roultledge.

Cahyono, B. Y. 1997. Pengajaran Bahasa Inggris: Teknik, Strategi, dan Hasil Penelitian. Malang: IKIP Malang.

Çakir, İ. 2006. The Use of Video as an Audio-Visual Material in Foreign Language Teaching Classroom. The Turkish Online Journal of Educational Technology –TOJET, 5 (4):67-72.

Erben, T., Ban, R., & Castaneda, M. 2009. Teaching English Language Learners through Technology. NewYork: Routledge.

Forbes, Helen et.al. (2016). Use of Videos to Support Teaching and Learning of Clinical Skills in Nursing Education: A Review. Nurse Education Today Journal. 42. 53 -–56.

Hadi, Zufri. (2019). Peluang Bagi Perawat Bersertifikasi Indonesia di Bursa Tenaga Kerja AS. Retrieved June 14th, 2019 from https://kumparan.com/.

Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Education.

Hussin, Virginia. (2002). An Esp Program for Students Of Nursing. Flexible Learning Centre: University of South Australia. Retrieved July 10th, 2019 from https://www.researchgate.net/publication.

Hutchinson, Tom & Waters, Alan. (1987). English for Specific Purposes. A Learning-Centred Approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Irawati, Dini. (2016) Supporting Student’s English Speaking Achievement Using Video. International Journal of EFL. 1 (1). 45 – 59.

Kaniadewi, S, Sundayana, W & Purnawarman, P. (2017). Improving Students’ Speaking Ability in Reporting Procedural Text by Using Videos. UPI Journal. 5 (1). 13 – 19.

King, J. (2002). Using DVD feature films in the EFL classroom. ELT Newsletter. http://www.eltnewsletter.com/back/February2002/art882002.htm. Retrieved February 12th, 2017.

Nuraeni. (2018). Using Audio Visual Material to Enhance Student’s Speaking Skill. TEFLIN International Conference. 132 – 140.

Parisi, L. L., & Andon, N. (2016). The use of film-based material for an adult English language course in Brazil. Trab. Ling. Aplic., Campinas, n(55.1):101-128. Retrieved January 25, 2017 from http://www.scielo.br/pdf.

Poedjiastuti, Dwi & Oliver, Rhonda. (2017). English Learning Needs of ESP Learners: Exploring Stakeholder Perceptions at An Indonesian University. Teflin Journal. 28 (1). 1 – 21.

Sismiati & Latief, Adnan. (2012). Developing Instructional Materials on English Oral Communication for Nursing Schools. TEFLIN Journal. 23 (1). 44 – 56.

Smoak, Rebecca. 2003. What is Engliah for Specific Purposes? Tunisia: English Teaching Forum.

Stempleski, S. 2002. Video in the ELT Classroom: The Role of the Teacher. In J. C. Richards, & W. A. Renandya (Eds.), Methodology in Language Teaching An Anthology of Current Practice (pp.364-367). Cambridge: Cambridge University Press.

Susilowati, Endang. (2008). ESP as an Approach of English Language Teaching in ITS. Jurnal Sosial Humaniora, 1 (1). 66 – 74.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12