PENDAPAT GURU PELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA AJAR FLIPBOOK PADA PENGAJARAN SEJARAH DI KELAS

Penulis

  • Bayu Astawa Purba Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sariyatun Sariyatun Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Triana Rejekiningsih Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstrak

Abstrak: Minat siswa terhadap materi ajar adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pengajaran. Keadaan ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menyiapkan media ajar yang sesuai dengan minat siswa. Menyampaikan materi ajar yang terintegrasi dengan teknologi menjadi sebuah ketertarikan bagi siswa sebagai generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pendapat guru tentang pemanfaatan media ajar flipbook pada pengajaran sejarah di kelas. Partisipan pada penelitian ini adalah sepuluh guru pelajaran sejarah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui penyebaran angket dan wawancara terhadap partisipan. Data kemudian diolah dengan metode interative model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (2014). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa guru memberikan pendapat positif terhadap pemanfaatan media ajar berupa flipbook pada pengajaran sejarah di kelas. Guru lebih termotivasi dan siswa lebih termotivasi dalam proses belajar-mengajar dengan adanya integrasi teknologi. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi guru sejarah dalam mengajarkan pelajaran sejarah secara efektif.

Kata Kunci: Flipbook, Generasi Milenial, Pendapat Guru

Referensi

Akhyar, M. & S. Leo, A. (2018). Teachers’ perception on the development of local history digital teaching material in Surakarta. 4th International Conference on Teacher Training and Education (ICTTE 2018): Advances in social science, education and humanities research. Vol. 262 (35-39).

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jaedun, A. (2010). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar alternatif. Diklat pemanfaatan sumber belajar yang kreatif (pp. 1-14). Yogyakarta: Jogya Cendekia.

Kochhar, S. K. (2008). Pembelajaran sejarah. Jakarta: Grasindo.

Mugara, R. (..). Meningkatkan kompetensi guru melalui penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). jurnal.upi.edu.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Semiawan, C. (2017). Strategi pengembangan otak dari revolusi biologi ke revolusi mental. Jakarta: Gramedia.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2009). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12