ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMPN 28 KOTA TANGERANG

Penulis

  • Aria Setia Ningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Suyitno Muslim Universitas Negeri Jakarta
  • Eveline Siregar Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru di SMPN 28 Kota Tangerang, Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru SMPN 28 Kota Tangerang yang berjumlah 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan memberikan kuesioner kepada para subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh guru memiliki perangkat laptop dan sebanyak 78,9% guru selalu menggunakan perangkat laptop saat pembelajaran di sekolah dan memiliki kompetensi menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint untuk membuat materi pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan wakil kepala sekolah, fasilitas yang terdapat di sekolah berupa 105 unit komputer namun hanya 47,4% guru yang menggunakan laboratorium komputer untuk menyampaikan materi pelajaran. Hal tersebut dikarenakan laboratorium komputer hanya dipersiapkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer dan digunakan untuk pelatihan para siswa dengan mengundang lembaga kursus komputer yang pelaksanaannya di luar jam pelajaran sekolah. Sebanyak 36,8% guru melakukan kegiatan pembelajaran hanya di ruang kelas, selebihnya sudah mulai melakukan pembelajaran di luar kelas dengan menggunakan media pembelajaran yang ada di sekitar sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka para guru SMPN 28 Kota Tangerang memerlukan sebuah aktifitas belajar berbasis elektronik berupa portofolio elektronik.


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kompetensi Guru, Portofolio Elektronik

Referensi

Fernando, D., Anharudin, A., & Fadli, F. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Portofolio Hasil Karya Mahasiswa Unsera Menggunakan Metode Scrum. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 5(1), 7–12. https://doi.org/10.30656/jsii.v5i1.579.

Ibrahim, Nurdin & Wargahadibrata, H. (2016). Pemetaan Fungsi Platforn E-Portofolio Untuk Perkuliahan di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendikan Fakultas llmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 202–214. https://doi.org/10.21009/jtp1803.5.

Khairul Basyar, A. W. M. A. (2017). Pengembangan E-portofolio Tematik-Terpadu Berbasis Web Blog untuk Menanamkan Karakter Kritis dan Kreatif melalui Pembelajaran IPA. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 30. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1499.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: CV Alfabeta.

Optiana, N., & Muchlas. (2019). Pengembangan Panduan Penilaian Berbasis E-Portofolio Menggunakan Edmodo dalam pembelajaran praktikum fisika untuk Sekolah Menengah Atas. https://doi.org/10.12928/jrkpf.vxix.xxxx.

Sukoco, Arifin, Z., Sutiman, & Wakid, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (Yogyakarta), 22(2), 215–226. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8937.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

UU No 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Retrieved from http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU202003-Sisdiknas.doc.

Yein, L. X., Ket, A. M. E., Othman, M., Ismail, L., & Aralas, D. (2018). Digital Portfolios Application: A Tool to Become a Reflective ESL Teacher. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(14). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i14/3681.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12