MULTIMEDIA: MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ahmad Habib Universitas Negeri Jakarta
  • I Made Astra Universitas Negeri Jakarta
  • Erry Utomo Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Abstrak: Teknologi hadir bukan untuk menggantikan guru sebagai pendidik, melainkan untuk membantu guru dalam membelajarkan siswa. Guru harus mampu menggunakan dan mengembangkan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah membuat produk multimedia berbasis powerpoint. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan 4 tahapan utama yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pengembangkan, 3) Evaluasi Produk, 4) Revisi Produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Responden penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi serta guru dan siswa SDN Sumber Merakurak Tuban. Hasilnya didapatkan nilai rata-rata presentase kuesioner yang digunakan memvalidasi oleh ahli media sebesar 79,99%, rata-rata presentase uji validitas ahli materi sebesar 78,24%, rata-rata presentase penilaian guru sebesar 80,95%, dan rata-rata presentase tanggaapan siswa terhadap multimedia adalah sebesar 84,02% yang dikategorikan sangat baik. Beradasarkan hasil penelitian maka, multimedia berbasis powerpoint pada materi struktur bumi dapat dijadikan media pendukung pembelajaran IPA.


Kata Kunci: Multimedia, Powerpoint, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar

Referensi

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (IX). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asmadji, Heri. 2012. Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V C SDN Ketabang I Surabaya.http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/view/784.

Crain, W. (2014). Psikologi Perkembangan : Konsep, Teori & Praktik. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Fitrotun, Ana Nisa. 2012. Media powerpoint dalam peningkatan hasil belajar pada pembelajaran sains di kelas IV MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta.http://digilib.uinsuka.ac.id/10914/4/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.

Jalil, M., Ngabekti, S., & Mulyani Endang Susilowati, S. (2016). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN TIPS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI. 6(2), 130–137.

Nunuk, S., Setiawan, A., Aditin, & Putria. (2018). Media Pembelajaran Inovasi dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008.

Rahman, M., & Mahmud, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Majene. (1), 83–92.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kaulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12