LAYANAN INFORMASI MELALUI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHAYA MEROKOK DI SMPN 276 JAKARTA SELATAN

Penulis

  • Ahiruddin Ahiruddin Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Harun Rasjid Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa/i kelas VII A SMPN 276 Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2018/2019 tentang bahaya merokok sebelum diberikan perlakuan atau treatment, untuk mengetahui proses pelaksanaan layanan informasi melalui audio visual terhadap peningkatan pemahaman bahaya merokok pada siswa/i kelas VII A SMPN 276 Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui layanan informasi melalui audio visual efektif dapat meningkatkan pemahaman bahaya merokok pada siswa/i kelas VII A SMPN 276 Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantittatif dengan pendekatan pre-experimental design melalui One-Group Pretest-Posttest Design. Pada desain ini terdapat pretest yang diberikan kepada siswa sebelum diberikan perlakuan Selanjutnya, posttest yang diberikan kepada siswa setelah mendapat perlakuan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa di kelas VII A SMPN 276 Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2018/2019 yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan instrumen angket pemahaman bahaya merokok. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan layanan informasi melalui audio visual efektif untuk meningkatkan pemahaman bahaya merokok pada kelas VII A SMPN 276 Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2018/2019.


Kata Kunci: Layanan Informasi, Audio Visual, Pemahaman Bahaya Merokok

Referensi

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyo, Agus N. 2011. Berbagai Cara Latihan Otak Dan Daya Ingat Dengan Menggunakan Ragam Media Audio Visual. Jogjakarta: Diva Press.

Prayitno, & Amti, Erman. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineke Cipta.

Sholeh, Asrorum Ni’am. 2017. Panduan Anti Merokok Untuk Pelajar, Guru, & Orang Tua. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S., & Hastuti, Sri M.M. 2006. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarata: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkifli, L. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12