Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Ict Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika

Penulis

  • Nur Nadhifah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Herfa Maulina Dewi Soewardini Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Meilantifa Meilantifa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Abstrak

Pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) sangat diperlukan di sekolah saat ini. Media pembelajaran berbasis ICT dapat menumbuhkan kemandirian belajar dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap kemandirian belajar matematika, (2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar matematika. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap kemandirian belajar matematika dengan ð¹ð¹â„Žð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘– >ð¹ð¹ð‘–ð‘–ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡=46,56>4,20, (2) Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar matematika dengan ð¹ð¹â„Žð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘–ð‘– >ð¹ð¹ð‘–ð‘–ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡ð‘¡=112,76>4,20.

Referensi

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Familia, Pustaka. 2006. Membuat Prioritas Melatih Anak Mandiri. Yogyakarta: Kanisius. Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Idikris. 2015. Media Pembelajaran, (Online), (https://www.scribd.com/document/2524 81703/Media-Pembelajaran, diakses 13 Januari 2019).

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Qomariyah, Hidayatul. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technologiy (ICT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Kelas 4 Mi Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang. Tesis tidak diterbitkan. Malang : Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rohim, Mohammad Fatkur dan Mohammad Zahri. 2018. Pengaruh Model PAKEM Berbasis TIK Pada Materi Trigonometri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, (Online), Vol.5, No.2 (https://www.google.com/url? sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ah UKEwj_4NvGxbn iAhWJuY8KHeWPCh8QFjAAegQIBAC&url=https%3A%2F%2Fjurnal.u ns.ac.id%2Fjp% 2Farticle%2Fdownload%2F26058%2F18272&usg=AOvVaw0x9ytLB7S3 xlaxuPQkMLf, diakses September 2018).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhiya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Afabeta.

Sururi, Ridwan. 2013. Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technology), (Online), (http://ridwansururi.blogspot.com/ 2013/07/media-pembelajaran-berbasis-ict.html, diakses 24 Juli 2019).

Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.

Yudhi, Munadi. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19