Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya

Penulis

  • Mohammad Syaifudin Ulfi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Iis Holisin Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Permasalahan selama proses pembelajaran di Kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya adalah peserta didik kurang memperhatikan saat guru menerangkan di depan kelas, matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak mudah, memusingkan, dan tidak menarik, dan peserta didik kurang memiliki pengetahuan prayarat serta kurang mengetahui manfaat pelajaran matematika yang dipelajarinya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, aktivitas, dan respon peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Blended Learning berbasis Schoology. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya yang berjumlah 32 peserta didik. Peneliti memilih kelas XI MIPA 5 sebagai subjek karena nilai Penilaian Akhir Semester matematika tergolong rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang tuntas pada siklus I sebesar 43,75% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 58,60% meningkat menjadi 73,07% pada siklus II. Respon peserta didik yang memberikan respon positif memperoleh presentase rata-rata 74,14%, sedangkan yang memberi respon negatif memperoleh presentase rata-rata sebesar 25,83%.

Referensi

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka.

Barrows, H. (2002). Bringing Problem Based Learning to Higher Education. Francisco: Jossey.

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wibawa, Adi. 2013. Generasi LMS Dalam Dunia Pendidikan Menggunakan Aplikasi Web Schoology.

Rizkiyah, A. (2014). Penerapan Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Di Kelas X TGP SMK Negeri 7 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19