Analisis Penerapan Pengiriman Barang Menggunakan Metode Least Cost, Vogel’s Approximation Method (Vam) Dan Russel’s Approximation Method (Ram) Pada Pergudangan Di Surabaya

Zaidatul Hidayah, Wahyuni Suryaningtyas, Sandha Soemantri

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan analisis penerapan pengiriman barang menggunakan metode Least Cost, Vogel’s Approximation Method (VAM) Dan Russel’s Approximation Method (RAM) Pada Pergudangan di Surabaya. Pemecahan suatu masalah transportasi dalam skripsi ini mengunakan metode Least Cost, Vogel’s Approximation Method (VAM) Dan Russel’s Approximation Method (RAM) kemudian menggunakan metode Stepping Stone untuk menguji keoptimalannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisa ketiga metode tersebut yaitu metode Least Cost, VAM dan RAM, ternyata menghasilkan hasil yang sama dan optimal tanpa melakukan optimasi lebih lanjut. Hasil solusi optimal pada kasus PT. Mayora dengan menggunakan metode Stepping Stone sebesar Rp.45.750 dan untuk PT. Mayora Indah sebesar Rp. 32.000. Dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan selama ini sebesar Rp. 100.000 Maka dari itu telah terbukti bahwa dengan ketiga metode tersebut dapat meminimalkan biaya transportasi pada perusahaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arfiani, T. (2016). Penerapan model transportasi distribusi pada perusahaan rotidengan menggunakan metode pendekatan vogel metode pendekatan russel dan metode NWC (sudut barat laut) Studi kasus : PT. Gardenia) (Skripsi tidak pubikasikan). Makasar: Universitas Alauddin Makasar.

Asri, C. A. (2018). Optimasi Pendistribusian Bantuan Logistik Beras Sejahtera (Bastra) dengan odel VAM dan MODI. Repositori Institusi USU.

Haming, M. (2017). OPERATION RESEARCH Teknik Pengambilan Kepututusan Optimal. Jakarta: Bumi Aksara.

Kodrat, D. S. (2009). MANAJEMEN DISTRIBUSI Old Distributian Chanel and Postmo Distribution Chanel Approach. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhardi. (2011). MAJAJEMEN OPERASI Suatu Pendekatan Kuantitaif Untuk Pengambilan Keputusan. Bandung: PT Revika Aditama.

Mulyono, S. (2017). RISET OPERASI. Bogor: Mitra Wacana Media.

Noer, B. A. (2010). Belajar Mudah Riset Operasional. Yogyakarta: Andi Offset.

Siang, J. J. (2011). Riset Operasi dalam Pendekatan Algoritmis. Yoyakarta: Andi Offset.

Subagyo. (2008). Dasar-Dasar Operation Research edisi 2. Yogyakarta: BPFE UGM.

Sutarman. (2017). Dasar-dasar majanemen logistik. Bandung: Refika Aditama.

Yusanti, S. M. (2015). Analisis Perbandingan Pengiriman Barang Menggunakan Metode North West Corner dan Least Cost (Studi kasus :PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya) (Skripsi tidak di publikasikan). Surabaya: Universitas Muhammadiyah surabaya.

https://www.nestle.co.id/ina/tentangnestle/misivisi diakses pada tanggal (12 maret)

https://www.mayoraindah.co.id/profil/visi-dan-misi/ diakses pada tanggal (12 maret)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.