Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Permainan Sirkuit Matematika
Abstrak
Pembelajaran matematika hendaknya dirancang baik agar tujuan dari kegiatan belajar dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan. Penggunaan media pembelajaran matematika di sekolah belum optimal, oleh karena itu peneliti melakukan pembelajaran menggunakan media permainan sirkuit matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan respon siswa terhadap penggunaan media permainan sirkuit matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Benjeng Gresik tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyan 8 Benjeng Gresik setelah pembelajaran menggunakan media permainan sirkuit matematika pada materi menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang mengalami peningkatan. Banyaknya siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 55% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70%. Mengalami peningkatan menjadi 83% pada siklus II. Respon siswa terhadap penggunaan media permainan sirkuit matematika sangat positif sebesar 84%.
Referensi
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Handayani & Budiyono. 2018. Pengaruh Metode Permainan Sirkuit Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 06(3)
Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Djamarah, 2010. Guru dan Siswa Dalam Interaksi Edukatif. Rineka cipta. Jakarta.