PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) MELALUI DETEKSI DINI ANEMIA

Penulis

  • Sri Mukhodim Faridah Hanum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Titin Eka Nuriyanah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Puspitasari Puspitasari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstrak

Usaha kesehatan Sekolah (UKS) merupakan usaha kesehatan dasar yang ditujukan ke sekolah dan menjadi tugas bagi Puskesmas untuk mencapai kesehatan dan meningkatkan prestasi belajar anak sekolah. Salah satu fungsi UKS adalah sebagai wadah dalam memberikan pendidikan kesehatan awal terutama untuk anak sekolah. Masalah  kesehatan yang dialami oleh anak remaja antara lain adalah anemia. Anemia adalah kondisi yang menunjukkan kadar hemoglobin di dalam darah berada dibawah nilai normal. Kejadian anemia menyebabkan berkurangnya konsentrasi, sehingga dapat mengakibatkan menurunnya prestasi belajar anak sekolah. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kualitas UKS dengan melakukan pelatihan deteksi dini anemia. Lokasi kegiatan pengabdian Masyarakat dilaksanakan di MTS Muhammadiyah 1 Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Metode yang dilakukan yaitu observasi, interview, dan pelatihan deteksi dini anemia. Hasil pengabdian masyarakat adalah pengelola dan kader UKS dapat melakukan pemeriksaan kadar hemoglobin yang selanjutnya akan menjadi pelayanan berkelanjutan di MTS Muhammadiyah 1 Taman dalam mendeteksi secara dini kejadian anemia.

Biografi Penulis

Sri Mukhodim Faridah Hanum, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Fakultas Ilmu Kesehatan

Titin Eka Nuriyanah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Fakultas Ilmu Kesehatan

Puspitasari Puspitasari, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Fakultas Ilmu Kesehatan

Referensi

Budiono, MA. & Sulistyowati, M. (2014): Peran Usaha kesehatan Sekolah (UKS) Dalam Penyampaian Informasi Kesehatan Reproduksi Terhadap Siswa SMP Negeri X Di Surabaya. Jurnal Promkes, Vol. 2 , pp. 58-65.

Hidayat, P. (2015): Kelengkapan Sarana dan Prasarana Usaha kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Pituruh Kabupaten Purwortejo Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Gunatmaningsih, D. (2007). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri di SMA Negeri 1 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Mary, EB. (2000): Ilmu Gizi dan Diet hubungan Dengan Penyakit-Penyakit Untuk Perawat dan Dokter. Yogyakarta : Yayasan Essentia Medica.

Nyoman, ID. (2001): Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC

Unduhan

Diterbitkan

2018-05-04

Terbitan

Bagian

Artikel