Strategi Pengelolaan Kelas di Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini Kelompok B Secara Tatap Muka di TK Amanda Sejahtera

Isi Artikel Utama

Firda Amalia Fatharani
Astuti Darmiyanti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengelolaan kelas di masa pandemi pada anak usia dini melibatkan siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggali data mengenai strategi pengelolaan kelas di masa pandemi. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka yang juga dialami dunia pendidikan utamanya terjadi pada pengajaran PAUD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap guru PAUD melalui komunikasi secara langsung dengan Teknik wawancara terarah dan berbasis pada teori penelitian sebelumnya. Tujuan dilakukan wawancara adalah guna mendapatkan informasi yang penting yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengelolaan kelas di masa pandemi ini untuk siswa TK Amanda Sejahtera mengatasi pembelajaran agar tidak melalui daring, sehingga siswa tidak merasa jenuh dan tidak menggunakan alat komunikasi maka pihak sekolah juga membuat kebijakan untuk meminimalisir kerumunan banyak orang. Pada pembelajaran tatap muka disekolah atau dikelas, pihak sekolah membuat peraturan baru untuk dibuatkan secara bergelombang.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Alifia, Savira, Annisa, dkk. “Pengelolaan Kelas Secara Daring di Masa Pandemi pada Murid Kelompok Bermain atau PAUDâ€. Universitas Airlangga. Surabaya. 2020
  2. Nurina, dkk. “Pengelolaan Kelas Secara Daring di Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Harun Al-Rasyidâ€. Universitas Muhammadiyah Kendari.
  3. Susilo, Adi, Sugeng. “Classroom Managementâ€. (Malang: Universitas Brawijaya Press). Cet, I. 2016
  4. Widiasworo, Erwin. “Cerdas Pengelolaan Kelasâ€. (Yogyakarta: DIVA Press). Cet. I. 2018