Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Kompetensi Guru Paud Terhadap Proses Pembelajaran

Isi Artikel Utama

Fitria D Indriani
Kuswanto Kuswanto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Kompetensi dan Latar Belakang Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Proses Pembelajaran. Jenis penulisan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Proses pembelajaran di kelas adalah inti penyelenggaraan pendidikan yang ditandai oleh adanya kegiatan pengelolaan kelas, penggunaan media dan sumber belajar, dan penggunaan metode dan strategi pembelajaran. Semua tugas tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab guru yang secara optimal kemampuannya menuntut kemampuan guru. Untuk menunjang kompetensi guru seharusnya guru memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesialisasi, tetapi pada kenyataannya masih banyak profesi guru yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Sehingga guru tersebut kurang berkompeten dan berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas. Untuk memaksimalkan kompetensi guru yang latar belakang pendidikannya tidak sesuai harus diikutkan dalam program pendidikan dan pelatihan khusus. Sehingga diharapkan guru tersebut dapat memaksimalkan kompetensinya.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Fitria D Indriani, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Program Studi: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Referensi

  1. Imam Wahyudi. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.
  3. Rismawati, W.C. (2018). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru. Thesis. FIP UNY. Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Salupi, Y. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Bahasa Mandarin Terhadap Proses Pembelajaran di SMA Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
  5. Sarigih, Hasan. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED Vol. 5 No. 1: 23-34.
  6. Standar Nasional Pendidikan Nomor 19 Tahun 2005 Bab VI Pasal 28 Ayat 4.
  7. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen Bab I Pasal 10.
  8. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003
  9. Undang-undang Standar Nasional Pendidikan Nomor 19 Tahun 2005 Bab VI Pasal 28 Ayat 4
  10. Uno, Hamzah. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta : PT Bumi Aksara.
  11. Warsita Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  12. Werdayanti, Andaru. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 3 No. 1: 79-9