Love Cards Dalam Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Saat Pandemi Covid-19

Isi Artikel Utama

Issaura Dwi Selvi
Zuniarsih Zuniarsih
Maemonah Maemonah

Abstrak

Abstrak. Peran orangtua dalam pembelajaran anak di masa pandemi Covid-19 sangat penting, orangtua secara tidak langsung sebagai fasilitator dan sebagai guru pendamping selama anak-anak belajar di rumah. Kehadiran orangtua sangat mutlak diperlukan dalam mendidik dan mendampingi tumbuh kembang anak-anak, terutama di masa belajar dari rumah, maupun dalam hal kesehatan anak-anak. Hal lainnya pengawasan anak dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat terutama di masa pandemi. Hal ini lebih dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir. Penelitian ini mengacu pada jenis penelitian kuantitatif eksperimen semu yang menerapkan  One Group Pre test-Post test Design. Dari hasil nilai awal penelitian dan akhir penelitian kepada 20 orangtua/wali kelompok B1 yang menjadi sampel penelitian, semua anak mengalami peningkatan dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) selama belajar bersama orangtua. Penelitian  peran orangtua dalam menggunakan Love Cards memberikan pengaruh baik pada peningkatan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak usia dini.

Kata kunci: peran orang tua, love cards, perilaku hidup bersih dan sehat

Rincian Artikel

Referensi

  1. Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: BumiAksara dan PKAI Depag RI. 2012.
  2. Kurniawati, Euis. Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.5.No.1. 2020.
  3. Latipun. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press. 2012.
  4. Machali, Imam. Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2016.
  5. Mardhiati, Retno Guru PAUD: Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini. Jurnal Ikraith-Abdima. Vol.2. No.3. 2019.
  6. Notoadmodjo, Soekidjo. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.
  7. Priambodo, Prabawani. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis. 2016.
  8. Rahmawati, Elfi. (2018). Analisis Kebutuhan Program Promosi Pencegahan Diare Pada Anak Berusia Di Bawah Dua Tahun. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat. 24(1). https://doi.org/10.22146/bkm.3588
  9. Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC. 2012.
  10. Sukriyah, dkk. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini-Pos PAUD Terpadu Melati Kelurahan Medokan Ayu-Rungkut Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-LPPM ITS. 3(3). https://dx.doi.org/10.12962/j26139960.v3i3.6016