Tingkat Agresivitas Anak Usia 4-5 Tahun Pada Keluarga Dengan Pola Asuh Kekerasan Di Paud Khodijah Aisyiyah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang

Isi Artikel Utama

Susmiati Susmiati
Naili Saida
Ratno Abidin

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat agresivitas anak usia 4-5 tahun pada keluarga dengan pola asuh kekerasan di Paud Khodijah Aisyiyah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus pada anak usia 4-5 tahun. Teknik analisis data menggunakan model yang di kemukakan Miles and Huberman yang terdiri dari 3 tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik  pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat agresivitas anak usia 4-5 tahun pada keluarga dengan pola asuh kekerasan di Paud Khodijah Aisyiyah kecamatan camplong kabupaten sampang, di pengaruhi oleh pola asuh kekerasan yang diterapkan oleh keluarga. Selain pola asuh kekerasan yang diterapkan oleh keluarga dirumah terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi tingkat agresivitas anak di sekolah yaitu teman di sekolah tidak mau bermain dengannya dengan alasan takut disakiti oleh anak agresif. Hal tersebut bisa membuat tidak nyaman pada anak agresif sehingga anak akan menampilkan perilaku yang semakin agresif.  

 

Kata kunci: pola asuh kekerasan; tingkat agresivitas anak

 

ABSTRACT

This study aims to describe the level of aggressiveness of children aged 4-5 years in families with violent parenting in Paud Khodijah Aisyiyah, Camplong District, Sampang Regency. This research is a qualitative case study in children aged 4-5 years. The data analysis technique uses a model that is proposed by Miles and Huberman which consists of 3 stages: data reduction, data presentation and drawing conclusions. Data collection techniques used observation, interviews and documentation. The results showed that the level of aggressiveness of children aged 4-5 years in families with violent parenting in Paud Khodijah Aisyiyah, Camplong sub-district of Sampang, was influenced by parenting violence applied by families. In addition to parenting violence applied by families at home, there are other factors that can affect the level of aggressiveness of children in school, that is, friends at school do not want to play with it for reasons of fear of being hurt by aggressive children. This can make it uncomfortable for aggressive children so that children will display increasingly aggressive behavior.

 

Keywords: parenting violence; child's level of aggressiveness


Rincian Artikel

Referensi

  1. Anantasari. (2006). Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius.
  2. Arriani, Farah. (2014). â€Perilaku Agresif Anak Usia Diniâ€. “Pusat Kurikulum dan Buku, Pendidikan dan Kebudayaanâ€. Vol. 8(2): hal, 271-272.
  3. Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Baahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  4. Hildayani, Rini, dkk, dkk. (2006). Penanganan Anak Berkelainan. Jakarta: Universitas Terbuka.
  5. Huraerah, abu. (2018). Kekerasan Terhadap Anak. Bandung: Nusantara Cendekia
  6. Septiari, B.B. (2012). Mencetak Balita Cerdas Dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Medika.
  7. Syamaun, Nurmasyithah. (2012). Dampak Pola Asuh Orang Tua & Guru Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.