Studi Tentang Perilaku Hiperaktif Dan Upaya Penanganan Anak Di TK Pembina Tebing Tinggi

Dorlince Simatupang, Eka Putri Surya Ningrum

Sari

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku hiperaktif anak dan upaya penanganan yang telah dilakukan kepada si anak di TK Pembina Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah dua orang anak yang mengalami perilaku hiperaktif di TK Pembina Tebing Tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan cara mendeskripsikan keadaan anak yang mengalami perilaku hiperaktif sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua responden tersebut benar mengalami perilaku hiperaktif. Perilaku hiperaktif yang dimiliki anak berupa tidak mau diam, lebih menggunakan kemampuan motorik seperti bergerak tiada hentinya, sering mengganggu bahkan menyakiti teman- temannya, suka berganti aktivitas dari satu aktivitas ke aktivitas lain, rentan perhatian rendah hanya berkisar 5 sampai 10 menit saja, tidak pernah menyelesaikan tugas, dan tidak sabaran. Upaya penanganan perilaku hiperaktif yang dilakukan oleh sekolah TK Pembina berupa lebih mengetahui masalah yang dialami anak, sering memanggil anak dengan sebutan “sayang, baik”, mencari titik kelemahan anak, sering menyanjung anak, mencari tahu persoalan yang menjadi titik masalah, dan terkadang tidak memperdulikan anak sesuai situasi dan kondisi.

Kata Kunci : Perilaku Hiperaktif, Upaya Penanganan

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to find out how the children’s hyperactivity behavior and the treatment efforts that had been done to the children at Pembina Kindergarten Tebing Tinggi Academic Year 2017/2018. This study was conducted by using qualitative research types with a case study approach. Respondents in this study were two children who experienced hyperactivity behavior in Pembina Kindergarten Tebing Tinggi. Data collection techniques that used were observation and interviews. The data analysis techniques used were qualitative data analysis by describing the state of the children experiencing hyperactivity in accordance with the needs of research. The results showed that both respondents were properly experiencing hyperactive behavior. Hyperactive behavior that children have in the form of silent, more use of motoric abilities such as moving relentlessly, often disrupting even hurting friends, likes to change activity from one activity to another, prone to low attention only ranging from 5 to 10 minutes, never completing tasks, and not impatient. The effort to handle hyperactive behavior conducted by the School in the form of a more aware of the problems experienced by the children, often calling a those children with the nickname "Dear, Good", looking for a point of softspot of the children, often flattering the child, finding out the problems that are the problem point, and sometaimes do not care for the child according to a certain situation and condition.

Keywords: hyperactivity behavior, handling efforts

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Rasmi, Amin. 2017. Jurnal Perilaku Hiperaktif dan Upaya Penanganannya.

Azmira, Via. 2015. A Gift: Anak Hiperaktif. Cemerlang: Yogyakarta

Baihaqi, MID & Sugiarmin M. 2008.Memahami dan Membantu Anak ADHD. Refika: Bandung

Delphie, Bandi. 2009.Layanan Perilaku Anak Hiperaktif. Intan Sejati Klaten: Klaten

Buitelaar, Jan. & Paternotte Arga. 2008. ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Prenada: Jakarta

Deliana, Maryati. 2009. Problematika Perkembangan Anak. Widya Karya: Semarang

Fadlillah, M. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini.Kencana:Jakarta

Faisal, Sanipah. 2008. Format- Format Penelitian Sosial. Rajawali Pers: Jakarta

Maria, Julia. 2007. Anakku Terlambat Bicara. Prenada Media Group: Jakarta

Osman, B Betty.2002. Lemah Belajar dan ADHD. Grasindo: Jakarta

Patton, Michael Quinn. 2009.Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar: Bandung

Ramli, T. 2003. Pendidikan Moral Dalam Keluarga. Grasindo: Jakarta

Rejeki, Sri. 2014. 100 Tanya Jawab Soal ADHD. Mitra Buku: Yogyakarta

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Syamsi, Ibnu. 2005. Jurnal Management Tingkah laku Hiperaktif

Yin,, Robert K. 1996. Studi Kasus desain dan metode. Raja Grafindo: Jakarta

Yuwono, Imam. 2017. Jurnal Alternatif Penanganan Anak Hiperaktif Menggunakan Terapi Gelombang Otak

http://www.Definisi-pengertian.com/2015/07/definisi-pengertian-perilakumenurut-ahli.html?m-1 (diambil senin 12 maret pukul 12.51)


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.4697

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.