Pengaruh Strategi Pembelajaran Beyond Centers And Circletime (Bcct) Terhadap Kreatifitas Anak Usia Dini Kelompok Usia 3-4 Tahun Di Pos Paud Nusa Indah Surabaya

Isi Artikel Utama

Rini Nur Kholifah
Endah Hendarwati
Aris Setiawan

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran klasikal yang digunakan guru dalam mengajarkan calistung kreativitas anak belum berkembang dengan optimal. Strategi pembelajaran beyond centers and circle time (bcct) dipilih sebagai suatu model pembelajaran yang berpusat pada anak. Dalam model pembelajaran tersebut terdapat suatu variasi prilaku kreatif yang digunakan untuk bahan penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas kreativitas anak usia dini dengan menggunakan pembelajaran beyond centers and circle time (bcct) dan pengaruh strategi pembelajaran beyond centers and circle time (bcct) terhadap kreativitas anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas kreativitas anak usia dini dengan menggunakan pembelajarn beyond centers and circle time (bcct) dan pengaruh strategi pembelajaran beyond centers and circle time (bcct) terhadap kreativitas anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan menggunakan Pre-Test-Post-Test Control Group Design. Populasi dari penelitian adalah anak Pos Paud Nusa Indah Surabaya. Kelompok B dengan jumlah anak 28, kelas eksperimen 14 anak dan kelas kontrol 14 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok dinyatakan terdistribusi normal (0,200>0,05) untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari uji Homogenitas di dapat kedua kelompok bersifat homogen (0.378>0,050) pada pretest dan(0.554>0,05) pada hasil nilai dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan mean sebesar 0,5 hal ini terlihat dari mean difference sebesar -0,5000. Hasil analisis Group Statistics Pretest dan Group Statistics Posttest terlihat ada perbedaan dengan rata-rata pretest 6.143 berubah menjadi 9.714 dengan range kenaikan rata-rata 3.571. Sementara kelompok dengan pendekatan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) mendapat hasil rata-rata 6.00 dan medapati kenaikan pada skor 10.214 dengan kenaikan skor sebesar 4.214. dengan demikian dapat di artikan bahwa penggunaan pendekatan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan kreatifitas anak.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
  2. Augusta, 2012. Pengertian Anak Usia Dini. Dari http://infoini.com/Pengertian Anak Usia Dini.
  3. Aisyah Siti ,Dkk, 2010. Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
  4. Kurniasih,Imas. S.Pdl, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasia.
  5. Hariwijaya dan Sukaca. Bertiani, 2011. Paud Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta : Mahadhika Publishing.
  6. Beichler dan Snowman, 2006. Perkembangan Anak. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia no 137. 2014. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
  8. Poerdawarminta W,j,S, 1995, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
  9. Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002, Depdikbud. Balai Pustaka, Jakarta: Balai Pustaka
  10. Albrecht, K. Brain Power, 2005. Learn to Improve Your Thinking Skills, New York: Prentice, Inc. Englewood Cliffs.
  11. Chofivah, S, 2008. Penerapan Metode BCCT di PAUD Unggulan Nasional Anak Saleh Malang. Malang: Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang.
  12. Asmawati, Luluk, 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD, Bandung: Remaja Rodaskarya.
  13. Dariyo, A, 2004. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: apt. Refika Aditama,
  14. Depdiknas DIY. Konsep Pendekatan BCCT (Beyond Centers and Circle Times). Bahan Seminar
  15. Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
  16. Anita Yus, 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana.
  17. Santrok, J.W, 2008. Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.
  18. Suharnan,2005. Psikologi Kognotif, edisi Revisi, Surabaya : Srikandi.
  19. Mayesty, Mary. Creative Activities for Young Children 4thEd : Play, Development, and Creativity. New York: Delmar Publisher Inc.,1990.
  20. Munandar, Utami, 1992. Mengembangkan Bakat Dan Kreatifitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Orang Tua Dan Guru. Jakarta : Gramedia.
  21. Munandar, S.C. Utami,1988. Kreatifitas Sepanjang Masa,Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
  22. Munandar, 1999. Kreatifitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek S.C.U., Kreatifitas dan Keberbakatan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
  23. Nursisto, 2000. Kiat Menggali Kreatifitas,Yogyakarta : Mitra Gama Widya.
  24. Supriadi, Dedi. 1994 Bandung : Alfabeta,
  25. Mulyasa, H.E.Prof.Dr.M.Pd, 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  26. Semiawan, Conny R, 2009. Kreativitas Keberbakatan : Mengapa, Apa, dan Bagaimana. Jakarta : PT Indeks
  27. Sujiono, Yuliani, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Indeks.
  28. Noor, Juliansyah, 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.
  29. Sugiono,2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta
  30. Anshori, Muslich dan Iswati, Sri 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  31. Arikunto, Suharsimi.1990. Metode Penelitian. Jakarta: Angkasa Bahan Belajar
  32. Sanjaya, W. 2007. Stategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Media Group.
  33. Suparman, Awi. 1997. Model – Model Pembelajaran Interaktif. Bandung : Lembaga Administrasi Negara ( LAN ) RI.
  34. Yarno, Drs,M.Pd,et.al 2017. Pedoman Penulisan Skripsi dan Artikel Surabaya: FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya.