Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Di Ra Al Chusnaniyah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018

Isi Artikel Utama

Mira Dahlia

Abstrak

Dampak Metode Proyek terhadap Kemampuan Sosial Siswa Grup A di RA AL Chusnaniyah Surabayain tahun akademik 2017-2018 adalah metode pembelajaran yang bertujuan untuk menerapkan kegiatan pengalaman belajar dengan mengkonfrontasi anak-anak pada masalah sehari-hari yang harus diselesaikan dalam kelompok. Tujuan penulisan untuk persyaratan kelulusan dalam program pendidikan guru, dan sebagai referensi guru PAUD dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik serta mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif karena menguji teori yang berkaitan dengan masalah penelitian melalui kerangka berpikir yang dirumuskan dalam hipotesis penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik eksperimen, dengan melakukan uji beda dua kelas yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, ada pengaruh yang lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan sosial anak-anak di RA Al Chusnaniyah Surabaya dengan menggunakan metode proyek dalam pembelajaran di sekolah.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Abdullah dan Safarina. 2013. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
  2. Ahmad, Khursyid. 1992. Perinsip-perinsip Pendidikan Islam. Surabaya: Penerbit Pustaka Progressif.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
  4. Arifin, M.PD, Drs. Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  5. Bahreisy, Salim dan Said Bahreisy. 1987. Tafsir Ibnu Katsir. Surabaya: PT Bina Ilmu Offset
  6. Moeslichatoen, 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  7. Mulyasa, H.E.Prof.Dr.M.Pd. 2012. Manajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  8. Nielsen. Dianne Miller. 2011. Mengolah Kelas untuk Guru TK, Jakarta: Indeks
  9. Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.
  10. Nugraha, Ali & Rachmawati, Yeni. 2007. Metode Perkembangan Sosial emosional (Modul 1-12). Jakarta: Universitas Terbuka.
  11. Roopnarine, Jaipaul L. And James E. Johnson. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini: Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: KENCANA.
  12. Santrock, John. 2007. Perkembangan Anak . Jakarta: Penerbit Erlangga
  13. Shihab, Dr.Quraish. 2000. TAFSIR AL-MISBAH. Jakarta: Penerbit Lentera Hati.
  14. Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jaklarta: Indeks.
  15. Sudjarwo, Prof.Dr. 2015. Proses Sosial dan Interaksi Sosial dalam Pendidikan. Bandung: CV Mandar Maju
  16. Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Jatim: Madani.
  17. Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunanb Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  18. Yus, Dr.Anita, MPd. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.