Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Kelompok A Melalui Kegiatan Seni Melipat(Origami) Tissue Roti

Isi Artikel Utama

Nurul Aminah

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang berkaitan dengan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 32 Mojo Surabaya.Permasalahan tersebut menuntut perlunya suatu solusi baik berupa pendekatan, metode atau model pembelajaran untuk menanganinya yaitu dengan pembelajaran seni melipat tissue roti. Hal tersebut mendasari adanya rumusan masalah, yaitu:(1) Bagaimana kegiatan kemampuan motorik halus anak melalui seni melipat di TK Aisyiyah 32?(2)Bagaimana hasil belajar kemampuan motorik halus anak melalui melipat di TK Aisyiyah 32. Tujuan dari penelitian ini untuk anak agar dapat mengontrol gerakan otot-otot kecil secara baik melalui kegiatan melipat dan untuk guru sebagai bahan referensi untuk mengetahui perkembangan motorik halus pada anak melalui kegiatan melipat.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Anggraini, fina surya. 2016. Perkembangan Motorik AUD Teori dan Aplikasi. Surabaya: Kurnia Group Publishing.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: RinekaCipta
  4. Fakhruddin, Asef Umar. 2010. Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Jogjakarta: Bening.
  5. Fikriyati, Mirroh. 2013. Usia Emas. Yogyakarta: Laras Media Prima.
  6. Hawadi, Reni Akbar.2001.Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Grasindo.
  7. Kemendiknas.2009.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor58.Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
  8. Malik, Tia.2008. Mari Membuat Origami.Surabaya: Insan Cendekia.
  9. Mulyasa.2012. Manajemen PAUD.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  10. Salsabilla, Cindy. Th. Seni Melipat Kertas Origami.Surabaya: Serba Jaya.
  11. Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  12. Susanto, Ahmad.2011.Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.
  13. Sustiwi, Atik.2009.Seni Origami Bentuk Dasar.Yogyakarta: Rumah Pengetahuan.
  14. Suyadi, 2010. Psikologi Belajar PAUD . Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi.
  15. Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik.
  16. Fikriyati, Mirroh. 2013. Usia Emas. Yogyakarta: Laras Media Prima.
  17. Hawadi, Reni Akbar.2001.Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Grasindo.
  18. Kemendiknas.2009.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor58.Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
  19. Malik, Tia.2008. Mari Membuat Origami.Surabaya: Insan Cendekia.
  20. Mulyasa.2012. Manajemen PAUD.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  21. Salsabilla, Cindy. Th. Seni Melipat Kertas Origami.Surabaya: Serba Jaya.
  22. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.
  23. W. Santrock, john. 2007. Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.
  24. Wiyani, Novan Ardy dkk.2012. Format PAUD.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.