Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Retno Dwi Astuti

Abstrak

ABSTRACT

               This research to describe the development of outdoor learning method learning devices through miniature outbound activities in Early Childhood Education, describing the results of the validation of outdoor learning methods through miniature outbound activities. The design of this research is research and development (R&D). The learning device development model used in this study is to use the 4D instructional development design proposed by Thiagarajan which consists of 4 stages of development namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The findings of this research and development are in the form of learning tools that have previously been tested, evaluated, until they meet the desired criteria. Learning tools developed include the Semester Program (Prosem), Weekly Learning Implementation Plan (RPPM) and Daily Learning Implementation Plan (RPPH).

               The validation results show that the learning tool of outdoor learning methods through miniature outbound activities has a material validity level of 93%, language validity of 85.71%, and validity of learning experts 94.64%.

Keywords : learning media, outdoor learning method, social behavior

 

 

ABSTRAK

       Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran metode outdoor learning melalui miniatur kegiatan outbound pada Pendidikan Anak Usia Dini, mendeskripsikan hasil validasi perangkat pembelajaran metode outdoor learning melalui miniatur kegiatan outbound. Desain pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain instructional development model 4D yang dikemukakan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Adapun temuan pada penelitian dan pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran yang sebelumnya sudah diujicoba, dievaluasi, sampai memenuhi kriteria yang diinginkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Progam Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).

       Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran metode outdoor learning melalui miniatur kegiatan outbound memiliki tingkat kevalidan materi 93%,kevalidan bahasa 85,71%, dan kevalidan ahli pembelajaran 94,64%.

 

Kate Kunci : perangkat pembelajaran, metode outdoor learning, perilaku sosial

Rincian Artikel